Gigi Kamu Rusak dan Membusuk? Perbaiki dengan Aspirin

shares

Pemeriksaan gigi.
Seiring dengan pertambahan usia, setiap bagian tubuh akan mengalami penurunan fungsi termasuk gigi. Apalagi jika Anda senang dengan makanan manis dan jarang menggosok gigi, maka akan terjadi kerusakan yang terjadi terus menerus.

Gigi akan ditumbuhi karang atau berlubang. Jika sudah sakit, baru kita akan pergi ke dokter gigi memeriksakannya. Jika sudah demikian, maka fungsi gigi akan terus menerus berkurang, terutama untuk mengunyah makanan.

Tetapi siapa sangka, jika kerusakan gigi tersebut bisa diperbaiki dengan aspirin. Dan yang menakjubkannya lagi, aspirin akan membuat gigi menyembuhkan dirinya sendiri akibat kerusakan. Bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya.

Dikutip dari Daily Mail, Obat penghilang rasa sakit yang umum dapat ditemukan ini bisa melakukannya dengan memicu gigi untuk memperbaiki diri sendiri, menurut para peneliti.

Obat murah ini bisa membantu membentuk dentin baru, struktur gigi keras yang biasanya rusak akibat pembusukan, menurut periset Queen's University Belfast.

Pembusukan gigi adalah penyakit gigi yang paling umum di seluruh dunia, yang mempengaruhi sepertiga orang dewasa.

Sekitar tujuh juta tambalan disediakan di NHS--badan kesehatan Inggris--setiap tahun di Inggris saja, dan para ahli mengatakan temuan tersebut dapat mengurangi biaya perawatan gigi 3,4 miliar setahun.

"Temuan penelitian awal kami di laboratorium menunjukkan bahwa penggunaan aspirin, obat yang sudah dilisensikan untuk penggunaan manusia, dapat menawarkan solusi inovatif segera yang memungkinkan gigi kita memperbaiki dirinya sendiri," ucap Dr El Karim.

Bagaimana tepatnya aspirin memperbaiki gigi?

Peluruhan gigi terjadi ketika asam dari dalam mulut melarutkan enamel dan dentin dari gigi, yang menyebabkan lubang atau rongga terbentuk.

Asam ini diproduksi oleh bakteri yang ditemukan di dalam plak--lapisan tipis--yang terbentuk di gigi kita. Saat kita makan gula ia berinteraksi dengan bakteri dalam plak, untuk menghasilkan asam destruktif ini.

Jika plak dibiarkan terbentuk, asam bisa mulai memecah permukaan gigi Anda, menyebabkan lubang dikenal sebagai rongga. Rongga mulai menggerogoti tingkat kedua dari bahan gigi yang berada di bawah enamel: dentin.

Peluruhan gigi dapat menyebabkan abses gigi, yang dapat menyebabkan gigi harus dilepas.

Dengan menambal gigi, masih bisa digunakan untuk menghentikan serangan bakteri yang menyerang gigi untuk mencegah rongga mencapai komponen gigi yang paling penting: pulpa.

Namun, kebanyakan tambalan akhirnya gagal dan mungkin perlu diganti berkali-kali selama masa hidup gigi.

Jenis Amalgam biasanya bertahan 10 sampai 15 tahun dan kurang kuat--namun secara estetis--tambalan komposit-resin, atau tambalan berwarna gigi, biasanya bertahan sampai tujuh tahun.

Temuan penelitian baru, yang dipresentasikan di British Society for Oral and Dental Research Annual Conference di Plymouth, menemukan bahwa aspirin dosis rendah mampu 'meningkat secara signifikan' pembangunan kembali mineral yang mengembalikan kekuatan dan fungsi.

Ini juga merangsang sel induk yang ada di gigi untuk meregenerasi struktur gigi yang rusak. Dr El Karim mengatakan, langkah selanjutnya adalah menguji efektivitas obat pada kerusakan gigi pada uji klinis.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

Related Posts

1 comments