Ingin Hidup Bahagia dan Sehat? Tinggal di Dekat Pohon

shares

Tinggal dekat dengan pohon.
Setiap orang pasti ingin hidup sehat dan juga bahagia. Namun hal ini sulit didapatkan oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar, di mana kemacetan, polusi dan juga kejahatan sering mengintai di mana pun kita berada.

Apalagi jika di rumah atau tempat tinggal Anda tidak ada pohon, maka akan sulit sekali menemukan kebahagiaan dan juga kesehatan. Sebab, pohon ternyata bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan dan juga kesehatan.

Menurut sebuah studi oleh University of Chicago yang berjudul, "Lingkungan Ruang Hijau dan Kesehatan di Pusat Perkotaan Besar," menyebutkan jika memiliki pohon di sekitar lingkungan, dapat membantu membuat kita bahagia dan sehat. Berikut penjelasannya.

Manfaat Pohon

Penelitian ini dilakukan di sebuah kota dengan lebih dari 530.000 pohon, tepatnya di Toronto, Kanada dimana para peneliti menggunakan data mengenai kesehatan lebih dari 30.000 orang di lokasi tersebut.

Setelah penelitian, disimpulkan bahwa mereka yang tinggal di daerah dengan lebih banyak pohon, memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tinggal di tempat yang tidak memiliki atau sedikit pohon.

Lebih Sehat
Memiliki 10 pohon lebih banyak daripada orang biasa di sekitar lingkungan, ternyata dapat meningkatkan kondisi fisik Anda. Pohon-pohon ini berkontribusi pada kesehatan Anda dengan membantu mengurangi gejala penyakit, termasuk asma karena pohon dapat menyedot polusi secara efektif.

Selain itu, banyak orang tidak menyadari hal ini, namun memiliki pohon benar-benar dapat memberi dorongan untuk mulai berolahraga. Inilah sebabnya mengapa mereka yang tinggal di dekat taman, memiliki keinginan untuk berlari setiap pagi atau kapan pun mereka bisa.

Lebih Aman
Orang yang memiliki pohon di dekat rumahnya akan merasa lebih aman, daripada mereka yang tidak. Hal ini memberikan bantuan meredakan stres, yang juga memiliki beberapa manfaat, termasuk jantung yang lebih sehat, pikiran yang lebih damai, dan bahkan merasa puas.

Kaya
Studi ini juga mengatakan bahwa, tinggal di tempat di mana ada banyak pohon di sekitarnya bisa membuat Anda merasa lebih kaya, seolah-olah Anda menghasilkan tambahan $10.000 setiap tahun. Karena kualitas udara yang ditingkatkan serta polutan yang menurun, Anda merasa seperti tinggal di lingkungan kelas tinggi, oleh karena itu mempengaruhi kinerja Anda.

Lebih Muda
Penelitian khusus ini juga mengatakan bahwa mereka yang tinggal di ruang dengan banyak pohon, akan merasa lebih muda sekitar tujuh tahun. Hal ini juga bisa dikaitkan dengan udara bersih, yang membuat kulit lebih jernih dan sehat, yang akan membuat Anda terlihat lebih muda.

Meski hasil penelitian tidak benar-benar mengatakan pohon dapat memperbaiki kesehatan fisik dan mental semua orang, namun tidak dapat dipungkiri bahwa pohon memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan kita.

Ditambah lagi, pepohonan juga meninggalkan efek menguntungkan bagi hubungan kita dengan lingkungan dan alam. Jika Anda tinggal di kota yang memiliki kualitas udara buruk, maka akan lebih mudah terkena stres dan juga berbagai penyakit.

Foto: stethnews.com

Related Posts

0 comments:

Post a Comment