Naik Terlalu Cepat, Tubuh Penyelam Ini Langsung Membengkak

shares

Tubuh nelayan membengkak. Foto: dailymail.co.uk.
Menyelam di laut memang tidak boleh dilakukan oleh mereka yang amatir, apalagi belum berpengalaman sama sekali. Butuh pendidikan dan ilmu yang mumpuni, agar proses penyelaman tidak berbahaya terutama bagi tubuh.

Jangan sampai pengalaman satu nelayan ini terjadi pada Anda, di mana ia mengalami kasus yang cukup mengerikan bagi para penyelam. Di mana saat ini, tubuhnya membengkak hingga dua kali lipat dari ukuran normalnya.

Tubuh pria asal Peru bernama Alejandro Ramos Martinez ini, bertambah seberat 38 kilogram, dan terlihat dari lengan dan dadanya yang membengkak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan apa penyebabnya?

Dikutip dari Daily Mail, pria ini naik ke permukaan terlalu cepat setelah dia menyelam untuk mengumpulkan makhluk di dasar laut.

Kesalahan fatal dari naik terlalu cepat, menyebabkan nitrogen dalam darahnya membentuk gelembung besar yang mengerikan.

Nitrogen masuk aliran darahnya dan menyebabkan kantung-kantung yang besar dan membuat dia menderita akibat penyakit dekompresi yang ekstrem.

Gejalanya meliputi persendian bengkak, berbintik-bintik, kulit gatal, kerusakan otak, kelumpuhan, sakit kepala, batuk, pusing dan mual.

Penyakit dekompresi, yang biasanya disebabkan oleh naik terlalu cepat ke permukaan saat melakukan scuba diving, juga bisa berakibat fatal, dan sangat ditakuti oleh para penyelam.

Tapi kasus Alejandro, di mana nitrogen terjebak dalam tubuhnya membuat dokter cukup bingung. Dia sekarang sedang diberikan perawatan oksigen di kamar bertekanan.

Miguel Alarcon--seorang dokter di rumah sakit San Juan de Dios di Pisco, Peru--mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya sejauh ini berhasil menguras sekitar 30 persen nitrogen di tubuh Alejandro.

Dokter juga meneliti penyakit dekompresi Alejandro, karena sifatnya yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka telah mempertimbangkan operasi untuk menghilangkan nitrogen dari tubuh Alejandro, namun khawatir operasi akan terlalu sulit untuk dilakukan.

Untuk saat ini. Alejandro mengalami sakit parah dan berjalan dengan susah payah karena kecelakaan itu. Dia juga menderita hipertensi yang cukup serius.

Tidak jelas apa yang menyebabkan Alejandro naik begitu cepat, sehingga dia mengalami dekompresi yang parah. Namun dipastikan ia tidak akan bisa menyelam kembali, jika sudah sembuh.

Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment