Sukses Turunkan Berat Badan Sesuai Tipe Tubuh

shares

Bantuk atau tipe tubuh.
Banyak orang yang saat ini memiliki berat badan berlebih atau obesitas, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Dan itu tidak baik bagi kesehatan, karena obesitas meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

Terutama penyakit kardiovaskuler, seperti darah tinggi hingga serangan jantung. Nah untuk itu, Anda harus segera menurunkan berat badan dengan segera. Namun, banyak yang gagal melakukannya karena salah pola diet yang dilakukan.

Tapi, dengan mengenal bentuk atau tipe tubuh, bisa memberikan informasi bagaimana dan apa yang harus Anda makan, agar tubuh merespon dengan baik. Hal ini sangat membantu bagi orang yang sedang atau ingin menurunkan berat badan.

Bentuk Tubuh

Meskipun tidak semua orang cocok dengan salah satu bentuk tubuh ini, dan bisa jadi kombinasinya, dapat membantu Anda membedakan pola makan dan latihan yang tepat untuk Anda.

1) Ectomorph

Ectomorph adalah orang kurus dengan struktur tulang kecil dan anggota badan kurus. Jenis tubuh ini banyak ditemui pada atlit ketahanan. Menjadi Ectomorph berarti Anda bisa mentolerir karbohidrat lebih banyak daripada orang lain, sementara Anda memiliki tingkat metabolisme yang cepat. Diet terbaik untuk ectomorphs terdiri dari jumlah karbohidrat, protein rendah, dan jumlah lemak yang lebih tinggi.

2) Mesomorph

Jika Anda seorang mesomorph, Anda memiliki struktur berukuran sedang. Anda umumnya dipandang sebagai tipe tubuh atletis dan jika Anda orang yang aktif, Anda memiliki massa tanpa lemak. Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda cocok dengan tipe tubuh ini, pikirkan pesenam dan pegulat saat mereka masuk dalam kriteria ini.

Karena mesomorph memiliki hormon pertumbuhan dan testosteron yang dominan, mereka cenderung mendapatkan otot dengan cepat dan efektif, sementara memiliki lemak di tubuh bagian bawah. Sedangkan untuk makanan yang dimakan, sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan jumlah lemak serta protein yang sama.

3) Endomorph

Jika Anda memiliki struktur tulang yang lebih besar dengan lemak tubuh dan massa tinggi, seperti power-lifter dan linemen dalam sepak bola, Anda adalah endomorph. Sebagian besar endomorf tidak aktif, dan kalori ekstra yang tidak mereka gunakan akan disimpan sebagai lemak.

Oleh karena itu, sangat mudah untuk menambah berat badan, dan mungkin tidak dapat mentolerir karbohidrat dalam jumlah tinggi. Diet harus terdiri dari lemak dan protein tinggi, sedangkan karbohidrat harus dikontrol dan direkomendasikan untuk dikonsumsi pada waktu yang tepat, misalnya setelah berolahraga.

Salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan lebih cepat adalah, dengan memahami seberapa baik tubuh Anda mentolerir makanan padat karbohidrat. Jika pada umumnya Anda adalah orang yang aktif, tubuh Anda akan mampu menangani lebih banyak karbohidrat.

Jadi jika Anda akan berolahraga, Anda harus menyiapkan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Sementara itu, jika Anda hanya akan duduk dan menonton TV, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, terlepas dari tipe tubuh Anda.

sumber: stethnews.com
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment