Apa Itu Maulid Nabi Muhammad SAW dan Bagaimana Kita Meneladaninya?

shares


Kaligrafi Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dikutip dari Wikipedia tentang apa itu Maulid Nabi Muhammad SAW:


Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Baca Juga: Jadi Nenek, Wanita ini Tempuh 89.000 Km dengan Motor

Saya di sini tidak sedang beceramah tentang pro dan kontra Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Tapi kita harus melihat ke dalam diri kita sendiri. Dan mulai bertanya. Apakah kita mengenang Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya saat hari kelahirannya saja? Hanya satu kali dalam satu tahun?

Perlu kita tahu, jika Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengingat hari kelahirannya dengan berpuasa. Dan Beliau selalu berpuasa di setiap hari senin. Apakah kita melakukan hal yang sama? Lantas apakah pantas kita hanya mengenang manusia paling mulia di Maulid Nabi saja?

Coba kita lihat video di bawah ini. Ini adalah salah satu ceramah ustad Abdul Somad, tentang apa itu arti Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sesungguhnya.

Ini Dia Pohon yang Jadi Saksi Bisu Kenabian Muhammad SAW

Lihat sampai akhir, agar kita tahu apa yang seharusnya kita lakukan sebagai umat muslim. Dan bukan hanya mengenangnya di peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.


Foto: dakwahmakassar.files.wordpress.com
Loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment