Salahkah Seorang Ayah Memandikan Anak Perempuannya?

gambar ayah dan anak
Ayah dan anak. Foto: english.alarabiya.net.
Pernahkah Anda melihat seorang ayah memandikan anak perempuannya? Mungkin ada yang mengatakan jika itu adalah hal ang wajar dan biasa. Namun bagi sebagian lainnya itu jangan dilakukan dan tidak baik.

Perdebatan akan hal ini masih terus berlanjut dan belum menemukan titik temu. Tidak sedikit kaum ibu juga membiarkan anak perempuannya dimandikan oleh ayah mereka. Selama ia masih dalam usia balita.

Tetapi tidak sedikit juga ibu yang tidak membiarkan sang ayah melakukannya. Lantas bagaimana menurut para ahli akan hal semacam ini? Apakah mereka setuju atau melarangnya? Berikut untuk lebih jelasnya.

Trauma masa lalu


Berdasarkan kisah nyata, seorang ibu tiga anak laki-laki dan perempuan yang berbasis di Uni Emirat Arab, Saher Shaikh mengatakan, ada banyak alasan untuk keputusannya ini.

Dia berkata: "Saya mengerti dan menghargai orang-orang yang menganggapnya sangat alami. Saya akan merasa canggung dengan orang lain, selain memandikan anak-anak saya dari usia tiga tahun ke atas. Suami saya adalah ayah yang benar-benar fantastis dan menyayangi mereka. Ia bisa mengganti popok, membantu memandikan anak-anak saat mereka masih kecil, dan  tidur bersama. Seiring bertambahnya usia anak-anak, dia tidak ingin anak-anaknya masuk ke kamar mandi sekalipun."

Yousuf Saifuddin mengatakan: "Anak-anak lebih tanggap sekarang karena evolusi. Pemahaman mereka tentang dunia berkembang lebih cepat di zaman internet sekarang ini, jadi saya setuju dengan Saher."

Menawarkan perspektif yang berbeda adalah ibu asal Inggris, Kate Wright. Dia takut dan paranoid, karena banyak melihat berita.

Dia berkata: "Suami saya kadang-kadang mandi bersama putri kami. Faktanya alat kelamin mereka berbeda."

Itu wajar


Dokter Tara Wyne, seorang Psikolog Klinis di pusat kesehatan mental dan kesejahteraan, Mercusuar Arab menggemakan sentimen Kate. Dia percaya ayah yang melakukan tugas serupa memandikan anaknya, memiliki efek menguntungkan bagi mereka dan bukan yang negatif.

Dia mengatakan: "Penelitian menunjukkan bahwa orang tua, terutama ayah, yang terlibat dalam berbagai perilaku anak seperti mandi, mengganti popok dan membersihkan anak-anak yang sakit, bisa melindunginya saat dewasa. Bila Anda terlibat secara intim dalam perawatan, itu benar-benar dapat melindungi mereka dari melewati batas."

"Akan datang saatnya ayah dan anak perempuan ingin hal-hal tertentu, dan akan berubah," kata Dr Wyne.

Dia menambahkan: "Saya pikir orang tua harus memberikan perawatan intim kepada anak-anak mereka selama sesuai perkembangan."

Intinya, tidak ada yang salah ayah memandikan anak perempuannya. Justru, perilaku ini bisa membuat anak lebih menyayangi ayah mereka dan tidak mempunyai perilaku menyimpang.

Loading...

0 Response to "Salahkah Seorang Ayah Memandikan Anak Perempuannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel