Hebat, Paus Seberat 25 Ton Lindungi Penyelam dari Hiu

Paus merupakan hewan terbesar di laut bahkan di Bumi. Ukurannya bisa melebihi sebuah bis. Namun mereka tidak berbahaya, bahkan bisa didekati dengan hati-hati. Berbeda dengan hiu, yang terbilang ikan paling berbahaya di laut.

Tidak seperti lumba-lumba yang memang sudah 'bersahabat' dengan manusia, perilaku paus masih misterius. Tetapi, hewan besar ini juga bisa melindungi manusia yang sedang menyelam dari bahaya yang mendekatinya.


Paus bungkuk lindungi penyelam
Paus bungkuk lindungi penyelam.
Sebuah video memperlihatkan, seekor paus bungkuk dengan bobot sekitar 25 ton, melindungi seorang ahli biologi kelautan dari hiu yang mendekatinya. Ia bahkan terlihat 'menawarkakan' perlindungan dan mendorongnya keluar dari bahaya.

Rekaman ini difilmkan di perairan lepas pantai Muri, Rarotonga, dari Kepulauan Cook di Pasifik Selatan.

Ahli biologi paus, Nan Hauser mengatakan bahwa paus bungkuk itu melindungi dia dan timnya dari hiu harimau. Dan terlihat melingkarkan siripnya dan menggunakan kepala dan mulut untuk mendorong mereka pergi.

Nan mengatakan bahwa kejadian tersebut, yang terjadi pada bulan Oktober, adalah bukti sifat intuitif paus untuk melindungi spesies hewan lain - termasuk manusia. Sesuatu yang dia percaya tidak pernah tertangkap dalam kamera.

Pakar biologi membandingkan ini dengan petugas pemadam kebakaran, yang bersedia bergegas ke rumah yang terbakar untuk membantu menyelamatkan nyawa orang asing.

Mamalia berukuran sekitar 14 meter itu, berhasil menghalau seekor hiu harimau dengan panjang 4 meter.

Rekaman itu juga menangkap, saat Nan kembali ke tempat yang aman. Dan paus bahkan bisa terlihat mengintip di atas air, untuk memeriksa teman barunya.

Nan, yang tinggal di Kepulauan Cook, mengatakan: "Saya tidak yakin apa yang paus lakukan saat mendekati saya, dan itu tidak berhenti mendorong saya selama lebih dari 10 menit."

"Saya telah menghabiskan 28 tahun di bawah air bersama paus, dan tidak pernah memiliki teman seekor ikan paus. Ia bersikeras mencoba menyelipkan saya di bawah siripnya yang besar," tambah Nan.

Para ilmuwan telah melihat kasus paus melindungi spesies lain, tapi ini akan menjadi kasus terdokumentasi pertama di dunia. Di mana mereka benar-benar melindungi manusia dari hiu.

Berikut rekaman paus melindungi penyelam:


Loading...

0 Response to "Hebat, Paus Seberat 25 Ton Lindungi Penyelam dari Hiu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel