Bahaya Kotoran Telinga, Bisa Sebabkan Tuli

pengangkatan kotoran telinga
Kotoran telinga diangkat.
Telinga memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu mendengar suara yang ada di sekeliling kita. Tapi telinga menghasilkan kotoran, yang bentuknya bisa kering maupun lengket. Tapi meskipun demikian, kotoran telinga biasanya keluar dengan sendirinya.

Namun jika Anda senang mengoreng telinga dengan cotton bud, maka harus menghentikannya sekarang juga. Karena kotoran bisa lebih masuk lebih jauh ke dalam saluran telinga, yang justru bisa sangat berbahaya.

Bahkan, jika kotoran tersebut menumpuk terus menerus bisa menyebabkan tuli. Pria ini salah satunya, yang memiliki kotoran telinga sangat banyak sehingga menyebabkannya tuli. Dan dokter pun kemudian mengeluarkannya, dan direkam dalam sebuah video yang menjadi viral.

Dalam video tersebut, kita bisa melihat saat kotoran disedot dari seorang pria.

Spesialis telinga, Neel Raithatha berhasil mengeluarkan kotoran telinga dari seorang pasien yang tidak disebutkan namanya, saat menjalani operasi di Oadby, Leicestershire.

Setelah dua menit, kotoran yang memblokir saluran telinga itu akhirnya diangkat. Dan pasien yang merasakan kesakitan akhirnya bisa mendengar kembali.

Prosedur itu dilakukan melalui sebuah endoskopi dengan teknik yang Raithatha kembangkan sendiri, yang melibatkan pemeriksaan bagian dalam rongga telinga pasien.

"Kotoran telinga kering, kusut dengan rambut, terkena dampak dan menempel di dinding saluran telinga. Pasien tidak dapat mendengar. Saya harus menggunakan kaitan telinga untuk memisahkan kotoran dari dinding saluran telinga dan kemudian menariknya keluar," kata Raithatha.

Raithatha merekomendasikan kepada orang-orang, untuk datang ke dokter saat membersihkan telinga.

"Cotton bud hanya berfungsi untuk mendorong earwax lebih dalam ke saluran telinga. Mereka juga bisa menempel di dinding saluran telinga," tambahnya.


Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Kotoran Telinga, Bisa Sebabkan Tuli"

Post a Comment