Satu Minuman Ringan Setiap Hari Bikin Tubuh Membusuk

Minuman ringan baik dalam kaleng, botol maupun kemasan plastik mengandung gula yang cukup tinggi. Namun rasanya yang enak membuat minuman ringan ini mudah sekali dikonsumsi, terutama oleh anak-anak.

Minuman ringan penuh gula
Minuman ringan penuh gula. Foto: dailymail.co.uk
Dan ternyata, sebuah studi baru menemukan bahwa, orang yang minum setidaknya satu minuman ringan sehari, kemungkinan berisiko tinggi terkena kanker. Dan hal ini masih berkaitan dengan kadar gula yang tinggi dalam minuman ringan.

Seperti yang diteliti oleh The Cancer Council of Victoria dan University of Melbourne, yang mempelajari dan menganalisis sebanyak 3000 kasus dari 11 kanker, terkait obesitas dalam kurun 10 tahun.

Kasus kanker payudara, hati dan prostat yang dilaporkan selama 1990 sampai 1994 dan 2003 sampai 2007 oleh studi Collaborative Cohort di Melbourne, menemukan adanya korelasi antara minum minuman ringan dan risiko kanker.

Studi ini melihat risiko kanker independen terhadap obesitas dan faktor kesehatan lainnya.

Dewan Kanker Victoria Epidemiologi dan Intelijen Associate Professor Allison Hodge mengatakan, bahwa hasil ini mendukung panggilan untuk membatasi konsumsi minuman ringan yang manis.

"Awalnya hipotesis kami adalah bahwa minum minuman ringan akan menyebabkan obesitas," katanya.

"Yang kemudian akan menyebabkan hubungan dengan kanker terkait obesitas, namun kami menemukan bahwa ada lebih banyak pengaruh obesitas," tambahnya.

Profesor Hodge mengatakan bahwa, kanker tersebut sebelumnya terkait dengan obesitas sampai hasilnya menunjukkan risikonya ada pada semua konsumen minuman ringan.

Menariknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum minuman ringan diet tidak menghadapi risiko yang sama. Sehingga gula bisa menjadi faktor uta penyebab kanker.

"Kami pasti ingin melihat temuan ini dikonfirmasi dalam penelitian lain. Dan kemudian juga untuk memahami sesuatu tentang mekanisme dan apakah gula bisa menjadi pendorong penyakit," tuturnya.

CEO Cancer Council Victoria Todd Harper mengatakan, bahwa hasil penelitian tersebut harus menyadarkan orang-orang untuk menghindari minuman ringan. Dan mulai beralih ke air putih, sebagai pilihan yang cerdas dan aman.

"Minuman manis, termasuk minuman ringan, sudah diketahui menjadi penyebab obesitas, yang meningkatkan risiko 13 jenis kanker," katanya kepada 9 News.

Baca Juga: Kunyit Ternyata Bisa Membuat Otak Lebih Encer

"Dan kanker hanyalah salah satu dari banyak kondisi kesehatan kronis yang terkait dengan konsumsi minuman manis. Termasuk peningkatan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kerusakan gigi," tambahnya.

Loading...

0 Response to "Satu Minuman Ringan Setiap Hari Bikin Tubuh Membusuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel