Supervolcano Yellowstone Akan Meletus dalam Waktu Dekat?

Yellowstone
Yellowstone. Pixabay.com/werner22brigitte.
Yellowstone adalah salah satu supervolcano atau gunung berapi besar. Sekitar 70 tahun yang lalu, Yellowstone pernah meletus dan menghasilkan kaldera dengan diameter 10 kilometer. Dan letusan Yellowstone mampu mengubah iklim dunia.

Saat ini supervolcano yang terdapat di Amerika tersebut menunjukkan gejala 'kebangkitannya'. Sekelompok besar gempa bumi telah muncul di Yellowstone, dengan lebih dari 200 gempa kecil terdeteksi dalam 10 hari terakhir saja.

Menurut para ahli dengan Survei Geologi Amerika Serikat, aktivitas seismik Yellowstone bagian Barat, terus mengalami peningkatan. Dan hal tersebut terjadi secara dramatis. Lantas apakah supervolcano ini akan meletus?

Dikutip dari Daily Mail, untuk saat ini, para ilmuwan mengatakan tidak ada alasan untuk khawatir.

Sementara gempa bumi kemungkinan disebabkan oleh kombinasi proses di bawah permukaan. Aktivitas saat ini dikatakan 'relatif lemah', dan tingkat siaga di supervolcano tetap pada status 'normal'.

Menurut USGS, gempa yang baru-baru ini terjadi di lokasi yang sama dengan gempa Maple Creek musim panas yang lalu, yang terjadi sekitar 2.400 gempa bumi dalam rentang empat bulan.

Tapi, para ahli mengatakan ada kemungkinan banyak hal yang tidak terdeteksi.

"Pada tanggal 15 Februari, tingkat kegempaan dan besarannya meningkat secara nyata. Pada malam 18 Februari, gempa terbesar terjadi dengan skala M 2.9, dan tidak ada kejadian yang dirasakan. Semua terjadi di kedalaman 8 km di bawah permukaan," ucap juru bicara USGS.

Yellowstone memiliki sejarah panjang aktivitas seismik. Aktivitas saat ini, bagaimanapun, kemungkinan tidak menimbulkan kekhawatiran.

Seperti yang dijelaskan para ahli, sekumpulan gempa adalah fenomena umum di Yellowstone, dan mencakup lebih dari 50 persen aktivitas seismik di taman nasional. Dan di masa lalu, gempa ini belum dikaitkan dengan aktivitas vulkanik.

"Meskipun mungkin tampak mengkhawatirkan, kegempaan saat ini relatif lemah dan sebenarnya merupakan kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang Yellowstone," USGS menjelaskan.

Baca Juga: Ditemukan Cadangan Emas Terbesar di Bumi

Tapi, para ahli juga mencatat: "Gempa bumi juga menjadi peringatan akan bahaya yang tidak diharapkan di Yellowstone."

Loading...

0 Response to "Supervolcano Yellowstone Akan Meletus dalam Waktu Dekat?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel