Rumput Paling Berbahaya, Bisa Menyebabkan Luka Bakar Serius

Rumput giant hogweed. Foto: dailystar.co.uk
"Tanyakan pada rumput yang bergoyang." Kalimat tersebut mungkin bukan hal yang aneh bagi kita, karena sering terdengar sebagai bahasa khiasan. Dan tanaman gulma ini mudah sekali ditemukan di sekitar kita.

Namun kita pasti menganggap remeh rumput yang tumbuh liar tersebut. Dan kita tidak pernah menyangka, jika tidak ada bahaya dari rumput-rumput yang tumbuh tersebut.

Tapi kini Anda harus waspada, karena ternyata ada rumput yang berbahaya. Bahkan bisa menyebabkan luka bakar serius, jika kita tidak sengaja memegangnya. Rumput apakah itu?

Ini adalah rumput yang diberi nama Giant Hogweed, yang dapat menyebabkan luka bakar yang mengerikan. Terutama pada anak-anak, bahkan ketika disentuh.

Gulma beracun ini dapat tumbuh hingga tinggi 4 meter. Dan umumnya tumbuh di sepanjang tepi sungai, jalan setapak, dan ruang terbuka hijau.

Rumput giant hogweed ini memiliki batang cukup besar, dengan warna hijau terang dan bintik-bintik merah gelap dan berongga pada batang daun.

Dan akan tumbuh subur pada musim panas. Getah tanaman ini berifat fototoksik, dan dapat menyebabkan phytophotodermatitis atau radang kulit yang parah ketika terkena sinar matahari.

Setelah menyentuh tanaman, kulit awalnya akan tampak merah dan terasa gatal.

Lalu akan melepuh dalam waktu 48 jam, dan bekas luka hitam atau keunguan mungkin tertinggal pada kulit seseorang selama beberapa tahun.

Kontak dengan tanaman bahkan telah mengakibatkan perawatan di rumah sakit, bahkan anak-anak bisa menderita luka bakar tingkat tiga.

Juru bicara dari River Trust, Mike Duddy berkata: “Jika Anda tidak tahu tanaman itu apa, itu sangat berbahaya. Itu, tanpa keraguan, tanaman paling berbahaya di Inggris."

Giant Hogweed pertama kali diperkenalkan di Inggris pada abad ke-19 sebagai tanaman hias. Tetapi tanaman itu, dapat berbiak dengan cepat, dan dengan cepat menyebar ke alam liar.

Dokter menyarankan orang untuk mencuci area yang terkena dengan sabun dan air, secara menyeluruh dan tetap menghindari sinar matahari selama beberapa hari.

Loading...

0 Response to "Rumput Paling Berbahaya, Bisa Menyebabkan Luka Bakar Serius"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel