Ternyata Obesitas Disebabkan oleh Virus yang Menular

Virus penyebab obesitas
Virus penyebab obesitas. Foto: dailymail.co.uk
Obesitas atau kegemukan mungkin kebanyakan kita disebabkan oleh makanan, terutama mereka yang suka mengonsumsi makanan siap saji. Ya, obesitas memang tidak akan jauh dari konsumsi makanan yang berlebihan yang mengandung kalori tinggi.

Tentunya kita tidak ingin mengalaminya, karena obesitas terkait dengan beragam penyakit mematikan seperti jantung, stroke dan darah tinggi. Selain itu, kita juga akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tapi kini para ilmuwan mengungkapkan, jika ternyata obesitas disebabkan oleh virus yang mudah menular. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di tautan berikut ini.

Adenovirus-36, ditemukan empat kali lebih sering di antara orang gemuk, daripada mereka dengan berat badan yang sehat.

Dikutip dari Daily Mail, studi pada hewan menunjukkan bahwa, virus ini bertanggung jawab pada penambahan hingga 15 persen ke berat badan.

Temuan itu muncul karena tingkat obesitas klinis telah mencapai 27 persen dari populasi. 36 persen lainnya kelebihan berat badan, membuat Inggris menjadi negara paling gemuk di Eropa Barat.

Virus ini memiliki efek dua kali lipat, tidak hanya menyebabkan iritasi sel-sel lemak dan menyebabkannya meradang, tetapi juga mencegah mereka mati dan dikeluarkan oleh tubuh. Sel-sel yang terkena kemudian terakumulasi, yang menyebabkan obesitas.

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan sampel jaringan sehat dari 80 wanita dengan kanker payudara, empat dari lima yang kelebihan berat memiliki virus ini.

Meskipun kaitan itu bisa menjadi hasil dari kanke,r yang membuat infeksi lebih mungkin terjadi. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa, monyet yang disuntik dengan virus itu terus bertambah berat badannya.

Dalam penelitian lain, setidaknya 30 persen orang gemuk ditemukan terinfeksi virus ini, tetapi ada juga sekitar 11 persen dari mereka yang memiliki virus ini dan memiliki berat badan yang normal.

Adenovirus biasanya terkait dengan pilek dan infeksi mata dan usus. Seorang kerabat dekat dari adenovirus-36, telah terbukti menyebabkan tikus dan monyet obesitas.

Dr Wilmore Webley, dari University of Massachusetts, melakukan penelitian terhadap pasien kanker payudara. Dia mengatakan vaksin untuk adenovirus, yang menyebabkan masalah pernafasan yang sudah digunakan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat - bukti vaksin untuk virus obesitas dapat dikembangkan.

Dr Richard Atkinson, Profesor Emeritus di University of Wisconsin, telah mematenkan vaksin untuk virus tersebut, tetapi tidak memiliki cukup dana untuk membuatnya secara komersial. Dia mengatakan kepada The Mail pada hari Minggu bahwa, akademisi di Korea Selatan telah menguji vaksin pada hewan dan telah mencegah virus menginfeksi sel-sel lemak.

Dia mengatakan vaksin itu dapat diberikan kepada orang-orang muda, untuk melindungi mereka dari serangan virus dan menghentikan akumulasi sel-sel lemak.

Baca Juga: Satu Minuman Ringan Setiap Hari Bikin Tubuh Membusuk

Di mana jutaan orang di seluruh dunia meninggal dunia, akibat penyakit yang terkait dengan obesitas setiap tahunnya. Dan diharapkan vaksin dapat menyelamatkan ribuan nyawa.

Namun, tidak semua orang yakin. Ahli obesitas Profesor Nick Finer, dari University College London, mengatakan kepada majalah New Scientist bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk membuktikan hubungan antara virus dan penambahan berat badan.

"Tidak peduli berapa banyak studi asosiasi yang dilaporkan, mereka tidak membuktikan kausalitas," katanya.
Loading...

0 Response to "Ternyata Obesitas Disebabkan oleh Virus yang Menular"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel