Ingin Memulai Diet Asam Urat? Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Asam urat. Pixabay.com/cnick
Asam urat adalah bentuk arthritis yang menyakitkan, yang terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi dalam darah menyebabkan terbentuknya kristal. Dan semakin lama semakin menumpuk di dalam dan di sekitar sendi.

Zat asam urat ini diproduksi ketika tubuh memecah kimia yang disebut purin. Purin terjadi secara alami di tubuh Anda, tetapi juga ditemukan dalam makanan tertentu. Dan biasanya, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh dalam urin.

Tapi kadang, makanan yang kita konsumsi bisa mengandung purin yang tinggi. Untuk itu, Anda harus melakukan diet asam urat, yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Diet asam urat bukanlah obat. Tetapi untuk menegah penyakit yang menyakitkan ini.

Dan diet asam urat juga dapat menurunkan risiko serangan asam urat berulang, yang bisa memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Tujuan Diet Asam Urat

Diet asam urat dirancang untuk membantu Anda mencapai berat badan yang sehat, dan kebiasaan makan yang baik. Di antaranya dengan menghindari beberapa makanan yang kaya purin. Sertakan juga beberapa makanan yang dapat mengontrol kadar asam urat. Terakhir, mengatur porsi dari makanan sehat.

Detail diet

Prinsip-prinsip umum dari diet asam urat ini mengikuti rekomendasi diet sehat yang biasanya khas:

Berat badan turun. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko terkena asam urat, dan menurunkan berat badan menurunkan risikonya. Penelitian menunjukkan bahwa, mengurangi jumlah kalori dan menurunkan berat badan - bahkan tanpa diet yang dibatasi purin - menurunkan kadar asam urat, dan mengurangi jumlah serangan asam urat. Menurunkan berat badan juga mengurangi tekanan keseluruhan pada sendi.

Karbohidrat kompleks. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh, yang menyediakan karbohidrat kompleks. Hindari makanan dan minuman dengan sirup jagung fruktosa tinggi, dan batasi konsumsi jus buah manis alami.

Air. Tetap terhidrasi dengan baik dengan meminum air.

Lemak. Kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas berlemak, dan produk susu berlemak tinggi.

Protein. Fokus pada daging tanpa lemak dan unggas, susu dan lentil rendah lemak sebagai sumber protein.

Makanan atau suplemen tertentu yang harus dihindari dan dikonsumsi, di antaranya:

Organ dan daging glandular. Hindari daging seperti hati, ginjal dan roti manis, yang memiliki kadar purin tinggi dan berkontribusi terhadap kadar asam urat darah tinggi.

Daging merah. Batasi ukuran porsi daging sapi, domba dan babi.

Makanan laut. Beberapa jenis makanan laut - seperti ikan teri, kerang, sarden dan tuna - lebih tinggi pada purin daripada jenis lainnya. Tetapi manfaat kesehatan keseluruhan dari makan ikan mungkin lebih besar, daripada risiko terkena asam urat. Konsumsi ikan dalam jumlah sedang bisa menjadi bagian dari diet asam urat.

Sayuran purin tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran yang mengandung purin tinggi, seperti asparagus dan bayam, tidak meningkatkan risiko serangan asam urat. Masih bisa dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Alkohol. Bir dan minuman keras suling dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan asam urat dan berulang. Kurangi konsumsi anggur untuk memperkecil risiko serangan asam urat. Hindari alkohol selama serangan asam urat, dan batasi alkohol, terutama bir, saat merasakan serangan asam urat.

Makanan dan minuman manis. Batasi atau hindari makanan manis seperti sereal yang dimaniskan, roti, dan permen. Batasi konsumsi jus buah manis alami.

Vitamin C. Vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Namun banyak vitamin C yang justru dikemas dalam minuman manis yang mengandung gula tinggi.

Kopi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang, terutama kopi berkafein biasa, dapat dikaitkan dengan penurunan risiko asam urat. Jika And senang minum kopi, bicarakan dengan dokter Anda seberapa banyak kopi yang tepat untuk dikonsumsi.

Ceri. Ada beberapa bukti bahwa makan ceri dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat.

Menu contoh

Inilah yang mungkin Anda bisa makan, saat menjalani diet asam urat.

Sarapan
Sereal gandum utuh tanpa gula dengan skim atau susu rendah lemak, satu cangkir stroberi segar, kopi, dan air.

Makan siang
Irisan dada ayam panggang (2 ons) pada gulungan gandum dengan mustard
Campuran salad hijau dengan sayuran, 1 sendok makan kacang, dan cuka balsamic dan saus minyak zaitun
Susu skim atau rendah lemak atau air

Camilan sore
1 cangkir ceri segar dan segels air putih.

Makan malam
Salmon panggang (3 hingga 4 ons)
Kacang hijau panggang atau dikukus
1/2 sampai 1 cangkir pasta whole-grain dengan minyak zaitun dan lemon
air
Yogurt rendah lemak
1 cangkir melon segar
Minuman bebas kafein, seperti teh herbal

Hasil

Mengikuti diet asam urat dapat membantu membatasi produksi asam urat dan meningkatkan pengeluarannya. Diet asam urat cenderung tidak menurunkan konsentrasi asam urat dalam darah Anda, tapi cukup untuk mengobati asam urat tanpa obat. Dan itu bisa membantu mengurangi jumlah serangan asam urat.

Mengikuti diet asam urat, bersama dengan membatasi kalori dan berolahraga secara teratur, juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dengan membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Sumber: mayoclinic.org
Loading...

0 Response to "Ingin Memulai Diet Asam Urat? Kenali Makanan yang Harus Dihindari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel