Ada Kehidupan Alien di Asteroid Antarbintang Berbentuk Cerutu?

Asteroid berbentuk cerutu.

Para astronom kini sedang memindai sebuah asteroid 'alien', untuk menemukan tanda-tanda teknologi di luar bumi. Asteroid berbentuk cerutu itu bernama Oumuamua, yang diambil dari nama penemunya.


Asteroid ini memiliki orbit melewati Bumi, dan merupakan objek antarbintang pertama yang terlihat di tata surya. Dan pemindaian terhadap asteroid ini dilakukan oleh para ahli, yang dibiayai oleh salah satu miliarder dunia.

Sebuah tim ilmuwan pemburu mahkluk asing, yang dipimpin oleh miliarder Rusia Yuri Milner. Mereka akan memindai asteroid yang cukup besar ini, dalam waktu satu minggu mendatang. Lantas apa yang tim ini ingin dapatkan?

Juru bicara tim mengatakan, jika mereka sedang mencari sinyal radio. Milner, menggelontorkan uang sebesar 100 juta poundsterling untuk mencari kehidupan cerdas di luar angkasa. Setelah ia menerima sebuah email tentang objek tersebut minggu lalu, dari salah satu ilmuwan.

"Semakin saya mempelajari objek ini, semakin penasaran, membuat saya bertanya-tanya apakah ini sebuah objek buatan yang dikirim oleh peradaban asing," ucap Profesor Avi Loeb, ketua departemen astronomi Harvard dan salah satu penasihat Milner.

Profesor Loeb mengatakan, bahwa bentuk batuan luar angkasa yang aneh itu seperti batu pada umumnya. Namun bentuknya ideal untuk menjadi sebuah kapal yang terbang, di antara sistem bintang.

"Periset yang mengerjakan transportasi jarak jauh sebelumnya telah menyarankan, jika bentuk cerutu atau jarum adalah bentuk paling mungkin untuk sebuah pesawat luar angkasa antar bintang. Karena ini akan meminimalkan gesekan dan kerusakan, dari gas dan debu antar bintang," kata firma riset tersebut dalam sebuah pernyataan dikutip dari Daily Mail.

Proyek berburu alien tersebut akan menggunakan Teleskop Green Bank di West Virginia. Objeknya sekarang dua kali jarak antara Bumi dan matahari dari planet kita, namun bahkan pada kisaran ini, Teleskop Green Bank dapat mengambil sinyal sekecil apa pun.

Benda itu akan terbang melewati Jupiter tahun depan, dan akan meluncur melampaui Pluto pada tahun 2020an.

"Entah itu buatan atau tidak, kita pasti akan tahu lebih banyak tentang objek ini," kata Milner kepada Atlantik.

Oumuamua, juga dikenal sebagai Comet C / 2017 U1, telah membingungkan ilmuwan saat terbang melewati Bumi dengan kecepatan tinggi pada bulan November lalu.

Objek ini pertama kali ditemukan oleh sebuah teleskop di Hawaii, pada tanggal 18 Oktober, dan diamati 34 kali terpisah pada minggu berikutnya.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

0 Response to "Ada Kehidupan Alien di Asteroid Antarbintang Berbentuk Cerutu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel