Asteroid Berbentuk Tengkorak Mendekati Bumi, Bahayakah?

Asteroid berbentuk tengkorak.
Asteroid - Beberapa waktu terakhir ini, beberapa asteroid berada cukup dekat dengan Bumi. Namun mereka masih dinyatakan aman, meskipun banyak pengamat benda-benda luar angkasa merasa was-was. Dan ternyata, ancaman bagi Bumi tidak berakhir begitu saja.

Ancaman bagi Bumi yang menakutkan lainnya ada di depan mata. Di mana sebuah asteroid dengan lebar 700 meter, yang terlihat sangat mirip tengkorak sedang mendekati Bumi. Bahkan jalur orbitnya pun cukup dekat.

Batu angkasa ini pertama kali melewati dan 'dekat' ke planet kita, pada kecepatan 125.500 kilometer perjam. Dan jaraknya sekitar 499.000 kilometer. Itu terjadi pada tanggal 31 Oktober 2015. Lantas bagaimana dengan lintasannya kali ini?

Dikutip dari Daily Mail, Asteroid ini ditetapkan akan kembali pada bulan November 2018. Hal ini memberikan kesempatan bagi para ilmuwan, untuk mempelajari fenomena aneh ini. 

Para ahli yang mempelajari flyby tahun 2015 dari objek tersebut, baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah yang merinci pengamatan mereka. Termasuk di dalamnya ada waktu kapan mereka akan kembali mendekati Bumi.

Para ilmuwan menggunakan observatorium di seluruh dunia, termasuk dari Hawaii. Yang menggunakan teleskop Pan-STARRS, untuk menemukan asteroid ini.

Batu karang yang dikenal sebagai 2015 TB145, akan terbang pada jarak yang kurang dramatis daripada yang terakhir.

Asteroid ini akan mengorbit melewati Bumi pada jarak sekitar 105 kali bulan ke Bumi. Sementara pada awalnya, hanya berjarak 1,3 kali bulan ke Bumi.

Para astronom yang menganalisa pembacaan 2015 menemukan, bahwa asteroid tersebut memiliki rotasi setiap 2,94 jam.

Benda berukuran antara 625 dan 700 meter ini, bentuknya adalah elipsoid yang sedikit diratakan. Dan poros rotasinya kira-kira tegak lurus terhadap Bumi, pada saat jarak terdekatnya.

Asteroid 2015 TB145 ditemukan pada tanggal 10 Oktober 2015, oleh Pan-STARRS-1 (Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System) Hawaii di Haleakala, Maui, bagian dari Program Observasi Near-Earth Object Observations (NEOO) yang didanai NASA.

Karena orbitnya yang tidak menentu, NASA tidak yakin ke mana asteroid ini akan pergi. Namun NASA mengatakan, bahwa asteroid ini tidak akan mehantam Bumi.

Foto: dailymail.co.uk.
Loading...

0 Response to "Asteroid Berbentuk Tengkorak Mendekati Bumi, Bahayakah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel