Loading...
Hiu Greenland Hidup Hingga 512 Tahun, Begini Penampakannya

Hiu Greenland Hidup Hingga 512 Tahun, Begini Penampakannya

Hiu kutun atau hiu Greenland.
Pemangsa besar yang satu ini bergerak sangat lambat. Mereka tinggal di perairan dingin Arktik dan Lautan Atlantik Utara. Dan mereka disebut sebagai vertebrata yang memiliki umur hidup paling panjang di Bumi.

Bahkan satu hiu kuno diperkirakan memiliki usia 512 tahun. Penelitian terbaru menemukan, bahwa hiu Greenland juga dapat hidup lebih dari 300 tahun, dan tidak mencapai kematangan seksual sampai berusia sekitar 150 tahun.

Tapi untuk makhluk luar biasa ini, umur panjang harus dibayar mahal. Spesies ini sering diganggu oleh parasit mirip cacing, yang menempel di mata mereka. Tapi anehnya, parasit tersebut justru akan memakan beruang kutub. Bagaimana bisa?

Dikutip dari Daily Mail, hiu ini telah diketahui kerap menikmati karkas beruang kutub yang membusuk sesekali.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada musim panas ini, para periset menggunakan jejak karbon-14 yang dihasilkan oleh tes nuklir pada tahun 1950. Hal ini untuk menentukan umur hiu Greenland, dengan memeriksa kristal lensa di mata mereka.

Yang terbesar diperkirakan berusia sekitar 392 tahun. Tapi, mengingat beberapa ketidakpastian dalam metode ini, bisa jadi sekitar 272 sampai 512 tahun.

Bahkan pada perkiraan terendah, para peneliti mengatakan bahwa hiu Greenland adalah vertebrata yang hidup paling lama di Bumi.

Meskipun kehidupan mereka menakjubkan dan sulit dipahami, menangkap salah satu hiu ini kadang-kadang dianggap setara dengan 'menginjak kotoran anjing'.

Hiu Greenland adalah makhluk tampak aneh, dengan mata hantu dan mulut yang selalu menganga.

Pada bulan September, ahli biologi laut Denmark Julius Nielsen, berbagi gambaran satu spesimen hiu. Gambar yang diposting di Instagramnya mengungkapkan, sisa-sisa beruang kutub yang diambil dari perut hiu Greenland.

"Kurasa hiu itu tidak menyerang beruang. Bangkai jauh lebih mungkin ditemukan oleh hiu. Sisa tubuh beruang kutub di perut ikan hiu Greenland sangat langka, dan beruang kutub dianggap tidak penting sebagai sumber makanan untuk hiu di perairan Greenland,"," tulis Nielsen.

Para ilmuwan juga mencatat adanya parasit yang menggantung dari kornea hiu ini, dan parasit ini akan memakan daging beruang kutub.

Para ahli juga mempelajari hiu Greenland, untuk mencari rahasia hidup panjang mereka, yang bisa diterapkan pada manusia.

Foto: dailymail.co.uk.

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments