Loading...
Cara Menakjubkan Buaya Bertahan Hidup di Rawa yang Membeku

Cara Menakjubkan Buaya Bertahan Hidup di Rawa yang Membeku

aligator hidup di air beku
Aligator membeku di rawa.
Saat ini benua Amerika di terjang suhu dingin yang sangat ekstrem, bahkan banyak danau yang membeku. Dan yang menjadi korban suhu dingin yang ekstrem ini tidak hanya manusia, tetapi binatang juga marasakannya, salah satunya buaya aligator.

Buaya khas Amerika ini biasa hidup di rawa dan danau, dan mereka punya cara cerdik untuk bisa bertahan hidup. Maka tidak heran, jika buaya termasuk hewan prasejarah yang mampu bertahan hidup hingga saat ini.

Sebuah video memperlihatkan, bagaimana buaya bertahan di rawa yang membeku. Dan uniknya, video tersebut menjadi viral. Meskipun kita tahu, reptil berdarah dingin tidak bisa menghasilkan panas tubuh sendiri.

Tapi ia bisa mengaturnya dengan mengubah lingkungannya dalam sistem yang disebut brumasi. Makhluk ini akan menurunkan suhu dan metabolisme tubuhnya, sehingga bisa bertahan hidup di suhu dingin.

Buaya aligator ini pada dasarnya membiarkan diri mereka dibekukan. Dan hidung mereka aka berada tepat di atas permukaan air, menurut sebuah video yang diposkan di Facebook, oleh Shallotte River Swamp Park di Ocean Isle Beach.

Meskipun sulit dipercaya bahwa mereka mampu bertahan dalam kondisi dingin, para ahli hewan mengatakan bahwa mereka hidup dan baik-baik saja.

"Hanya nongkrong di air," kata narator video tersebut. "Menakjubkan sekali. ... Lihatlah gigi itu. Ini adalah saat dimana mereka baru saja nongkrong, menunggu sampai hangat," tambahnya.

Para ahli mengatakan, bahwa buaya hampir secara naluriah tahu kapan kolam akan membeku. Mereka akan menempelkan hidungnya di atas permukaan pada saat yang tepat, dan membiarkan air membeku di sekitarnya.

Dalam kasus ekstrim, mereka membeku ke permukaan kolam selama beberapa hari, dan kemudian berenang bebas saat es mencair.

Saat panas kembali dan es mencair, buaya aligator akan mulai termoregulasi suhu tubuh mereka.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 104.000 tayangan, pada Senin malam. Membuat banyak pemirsa bertanya, apa yang terjadi jika seseorang melakukan langkah seperti buaya beku. Para ahli mengatakan tidak mungkin hewan tersebut akan bereaksi. Paling tidak saat air masih membeku di sekitar mereka.

"Tidak, mereka tidak akan bereaksi jika diganggu. Mereka mencoba menghemat energi untuk menjaga suhu tubuh," tegas ahli dikutip dari DailyMail.

Berikut rekaman buaya membeku di rawa.

Baca juga:

Loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments