Diasingkan Saat Haid, Wanita 21 Tahun Meninggal Kedinginan

Diasingkan saat haid
Diasingkan saat haid. Foto: dailymail.co.uk
Beritauaja.com - Haid atau menstruasi terkadang dirasakan wanita dengan sebuah ketidaknyamanan. Mereka bisa mendapatkan rasa sakit yang luar biasa, bahkan kesulitan untuk beraktivitas. Di banyak negara, wanita yang sedang haid memang dianggap biasa.

Tetapi di beberapa daerah di dunia, mereka yang sedang hadi dianggap kotor dan tidak suci. Sehingga mereka akan diasingkan di sebuah tempat yang jauh dari rumah. Bahkan tidak ada penerangan lampu sama sekali selama mereka haid.

Seperti yang masih dilakukan di sebuah desa terpencil di Nepal. Sebuah tradisi di sini masih dilakukan, dimana wanita diasingkan dari rumahnya. Dan mereka dipaksa tinggal di pondok selama masa haid.

Kadang wanita di sana harus menahan dari cuaca, seperti panas dan dingin. Dan wanita berusia 21 tahun ini, ternyata tidak beruntung. Dia diyakini meninggal dunia karena menghirup asap dari api, yang menjadi penerangan di gubuk tempat ia diasingkan.

Hal itu dilakukan untuk tetap hangat dalam suhu beku di sebuah desa di pegunungan, kata administrator pemerintah Tul Bahadur Kawcha. Dan wanita itu ditemukan tewas pada keesokan harina.

Kematian tersebut memaksa anggota parlemen untuk mengeluarkan sebuah undang-undang, yang mengkriminalkan praktik yang memaksa wanita menstruasi pergi dari rumahnya.

Praktik ini dikenal sebagai chhaupadi, dan telah menjadi sorotan. Setelah setidaknya dua wanita meninggal tahun lalu, saat tidur di gudang.

Juru kampanye mengatakan bahwa undang-undang tersebut harus diterapkan dengan baik, selain adanya perubahan sikap di daerah pedesaan terpencil.

Banyak wanita yang sedang haid masih dipaksa meninggalkan rumah mereka. Di bawah tradisi Hindu kuno dan berlindung di gubuk yang tidak higienis atau tidak aman. Bahkan mereka harus tinggal di kandang sapi, sampai siklus bulanan mereka berakhir.

Wanita yang sedang menstruasi atau yang baru saja melahirkan, terkadang dianggap tidak suci atau sebagai pembawa nasib buruk.

Mereka dilarang menyentuh ternak dan laki-laki. Mereka juga dilarang untuk berkomunikasi dengan lingkungan setempat.
Loading...

0 Response to "Diasingkan Saat Haid, Wanita 21 Tahun Meninggal Kedinginan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel