Benarkah Gundukan Pasir Misterius di Australia Piramida?

Membicaraka piramida pikiran kita tertuju pada bangunan besar berbentuk segitiga di Mesir. Ya, bangunan megah yang dibuat manusia ini adalah sebuah kuburan, yang dipersembahkan untuk Firaun yang telah meninggal.

Namun masih banyak spekulasi saat ini, di mana piramida ternyata tidak hanya ada di Mesir saja. Tetapi menyebar di seluruh dunia, salah satunya gunung Padang di Cianjur, yang diduga merupakan piramida kuno.

Gundukan diduga Piramida di Australia
Piramida di Australia. Foto: dailymail.co.uk.
Bahkan kini para peneliti mulai melirik Australia, di mana di sana diduga terdapat piramida. Beberapa gundukan pasir yang dulu dianggap sarang burung, dipercaya para ahli adalah piramida bagi penduduk asli Australia. Benarkah demikian?

Sebuah proyek penelitian di barat Cape York di ujung utara Queensland telah mengkonfirmasi beberapa gundukan. Selama bertahun-tahun, gundukan pasir ini dianggap oleh banyak orang sebagai bagian dari pemandangan alam biasa, namun itu adalah situs pemakaman kuno.

Ratusan gundukan tersebut, yang diyakini beberapa orang telah dibangun dengan kalkun scrub, berada di sepanjang bentangan sepanjang 60 kilometer di sekitar Mapoon.

Dan penelitian ini membuat beberapa keluarga yang tinggal di sana merasa ketakutan. Jika mereka telah hidup di kelilingi oleh hantu.

Sebelas gundukan - beberapa di antaranya setinggi 4 meter - telah dipelajari secara rinci, dan banyak mengandung karbon manusia.

Arkeolog menggunakan teknologi ground penetrating radar (GPR) dan magnetometer. Untuk dapat 'melihat' di dalamnya, dan mereka melihat sekilas ada praktik pemakaman Aborigin, mungkin selama ribuan tahun lalu.

Gundukan diduga Piramida di Australia
Gundukan diduga Piramida di Australia.
Penemuan itu bisa mengubah cara mereka memahami upacara pemakaman Aborigin. Arkeolog Dr Mary-Jean Sutton mengatakan, beberapa situs kuburan bisa berusia puluhan ribu tahun.

"Kami tidak tahu berapa umurnya. Mereka bisa berusia 6.000 tahun. Mereka bisa berusia puluhan ribu tahun. Kami percaya berpotensi 5.000 sampai 6.000 tahun, bisa jauh lebih tua dan berpotensi juga lebih muda, dan kami perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengarsipkannya," kata Dr Sutton kepada Daily Mail Australia.

Mapoon memiliki sejarah yang gelap. Sebuah misi didirikan di sana pada tahun 1891 setelah kekerasan di perbatasan, mengganggu cara hidup masyarakat adat. Pada tahun 1960 populasi dipindahkan secara paksa, dan sebagian besar bangunan terbakar habis.

Banyak tempat tinggal saat ini tanpa disadari dibangun di dekat atau berada di atas gundukan pemakaman. Menyebabkan beberapa penduduk percaya, bahwa mereka di kelilingi oleh hantu.

Gundukan di Mapoon jauh lebih besar, dan memiliki signifikansi yang jauh lebih besar.

"Kami belum tahu apakah mereka berasal dari alam atau budaya. Ada kemungkinan lebih banyak fitur ini di barat Cape York," tambahnya.

Baca Juga: Hijaber Cantik dan S....
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Gundukan Pasir Misterius di Australia Piramida?"

Post a Comment