Bahaya Asam Urat yang Tidak Membengkak Karena Erosi Tulang

Penderita asam urat biasanya akrab dengan gejalanya. Antara lain rasa sakit yang luar biasa, bengkak, kemerahan. Tidak sulit untuk mengenali bahwa yang Anda alami adalah penyakit asam urat.

Tetapi kebanyakan penderita mungkin tidak tahu, jika mereka terkena asam urat dan tidak merasakan gejala asam urat di atas. Keadaan ini disebut erosi tulang, dan perlahan-lahan dapat memengaruhi mobilitas Anda tanpa disadari.


Yang terjadi adalah, bahwa endapan kristal berinteraksi dengan tulang dan sel-sel sendi yang mengarah pada erosi tulang. Lalu apa bahayanya dari asam urat yang tidak menampakkan rasa sakit ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Mendiagnosis Erosi Tulang

Untungnya, ada banyak teknologi untuk membantu mendeteksi erosi tulang. X-ray adalah alat paling dasar yang dapat mengidentifikasi erosi tulang tetapi ada mesin canggih lainnya seperti ultrasound, MRI, dan CT scan yang dapat secara akurat mendeteksi erosi tulang. Jika Anda mengunjungi klinik, Anda mungkin akan diperiksa menggunakan ultrasonik karena ini adalah mesin yang tersedia, yang dapat dioperasikan oleh ahli radiologi Anda.

Risiko Erosi Tulang

Tidak banyak penelitian yang berfokus pada risiko erosi tulang pada penderita asam urat. Yang terbaru dilakukan oleh Dr. Mian Wu dari Rumah Sakit di Shanghai, Jiao Tong. Sebelum penelitian, setiap peserta diminta untuk menjawab kuesioner yang mendokumentasikan usia, jenis kelamin, durasi penyakit, komorbiditas, obat-obatan, frekuensi flare, dan skor nyeri.

Baca Juga: Mengenal Buah Black Sapote yang Memiliki Rasa Bak Puding Cokelat

Penelitian ini melibatkan 980 pasien yang kemudian menjalani USG untuk memeriksa erosi tulang. Dari 980, 431 atau 44% ditemukan memiliki tanda-tanda erosi tulang. Dari 431, 338 mengalami erosi pada sendi metatarsophalangeal pertama. Ini adalah sambungan yang menghubungkan kaki atas dan kaki bawah.

Lebih lanjut, mereka menemukan bahwa 62,4% pasien memiliki tophi yang dapat dideteksi. Mereka yang memiliki lebih dari 2 tophi meningkatkan risiko hingga 15 kali lipat. Ukuran tophi tidak mempengaruhi risiko seseorang. Tophi adalah bentuk asam urat di mana endapan kristal asam urat sangat jelas, sehingga membentuk benjolan di kulit. Sudah sangat parah sehingga dalam beberapa kasus, pembedahan diperlukan untuk menghilangkan tophi.

Dalam studi tersebut, mereka juga menemukan bahwa usia memiliki faktor risiko yang sangat besar. Semakin tua pasien, semakin tinggi risiko erosi tulang. Studi ini menunjukkan bahwa pasien di atas 40 tahun memiliki risiko dua kali lipat erosi tulang. Mereka yang berusia di atas 60 tahun, memiliki risiko hampir tiga kali lipat untuk mengalami erosi sendi.

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari penelitian ini, kita dapat menyimpulkan bahwa risiko seseorang untuk erosi tulang yang terkait dengan asam urat dapat ditelusuri kembali ke empat faktor: durasi kondisi asam urat, usia, jumlah tophi di sekitarnya, dan keberadaan sinovial.

Hipertrofi. Mereka yang mengalami erosi tulang juga memiliki kondisi serupa termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan penyakit ginjal. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, Anda perlu memberi perhatian khusus pada kesehatan tulang Anda.

Asam urat juga dapat menyebabkan taji tulang. Ini karena peradangan pada sendi dapat merangsang lapisan tulang di sebelahnya untuk tumbuh. Tonjolan ini dapat tumbuh hingga 5 cm menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di daerah tersebut. Apa yang menakutkan adalah bahwa sebagian besar taji tulang ini tidak terdiagnosis, sehingga dapat terus menumbuhkan tulang yang tidak normal sampai merusak saraf.

Baca Juga: Cara Menghancurkan Batu Ginjal dengan Buah Garcinia Cambogia

Jika dokter Anda mendeteksi taji tulang, mereka akan meminta Anda menjalani operasi sederhana untuk memotongnya. Setelah itu, Anda akan disarankan mengonsumsi allopurinol agar saraf dapat pulih, dan pertumbuhan abnormal tidak kembali.

Cara Menghindari Erosi Tulang

Erosi tulang yang terkait dengan asam urat dapat dihindari. Semakin dini diagnosis, semakin baik karena ini memungkinkan Anda untuk mengambil langkah yang tepat untuk mencegahnya menjadi lebih buruk. Dokter Anda akan merekomendasikan agar menurunkan asam urat Anda menggunakan berbagai strategi. Mencakup minum banyak air, berolahraga secara teratur, makan diet rendah purin, dan minum obat penurun urat.

Obat asam urat dapat dibagi menjadi dua jenis:

Obat jangka pendek, digunakan selama semburan asam urat sementara obat jangka panjang digunakan secara permanen. Ini membantu penderita mengelola kadar asam urat.

Bisakah Erosi Tulang Disembuhkan?

Pada anak muda, mudah untuk membalikkan erosi tulang karena tubuh akan membuat tulang baru lebih cepat. Namun, semakin tua usia Anda, semakin sulit melakukannya karena tubuh menciptakan lebih sedikit tulang baru. Dan menyerap nutrisi dari tulang lama yang tidak terlalu bagus lagi. Namun, jika Anda mempertahankan kesehatan hingga usia tua, mungkin akan lebih mudah untuk regenerasi tulang baru meskipun akan jauh lebih lambat.

Kuncinya adalah memberi makan tubuh Anda dengan mineral yang mendukung kesehatan tulang. Yang paling jelas adalah kalsium yang membantu membuat tulang baru dan menjaganya kuat. Ketika menambah dengan kalsium, pastikan untuk melengkapinya dengan vitamin D untuk memungkinkan tubuh menyerap kalsium.

Tambahkan juga makanan kaya kalsium ke dalam makanan Anda seperti susu, keju, dan yogurt. Tidak hanya bagus untuk tulang Anda, mereka juga membantu menurunkan asam urat.

Olahraga juga merupakan cara hebat untuk melawan efek buruk erosi tulang.

Baca Juga: Ingin Memulai Diet Asam Urat? Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Latihan-latihan tertentu seperti latihan beban dan penguatan otot membantu meningkatkan kepadatan tulang, merangsang produksi sel-sel baru di tulang, dan memperlambat pengeroposan tulang. Anda dapat memilih dari berbagai latihan yang meliputi jalan cepat, jogging, menari, angkat berat, dan push up.

Loading...

0 Response to "Bahaya Asam Urat yang Tidak Membengkak Karena Erosi Tulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel