Penyakit Kanker Sudah Ada Sejak Era Dinosaurus, Ini Buktinya

Apakah penyakit kanker termasuk salah satu penyakit manusia modern? Ya, mungkin kita akan berpikir, jika kanker adalah salah satu penyakit manusia modern dan berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Apalagi penyakit kanker ini kerap menyerang mereka yang memiliki pola makan tidak sehat, dan sering mengonsumsi makanan siap saji. Tetapi apakah benar demikian? Ternyata jawabannya tidak.

Salah satu hewan zaman purba, dinosaurus juga ternyata pernah menderita penyakit kanker. Lalu bagaimana mereka bisa menderita penyakit kanker dan apa penyebab utamanya?


Dikutip dari dailystar.co.uk, tumor ganas ditemukan di dalam tulang kaki kura-kura yang berasal dari Zaman Trias, yang berasal dari 240 juta tahun yang lalu.

Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Membuat Tubuh Anda Penuh Cacing

Ini adalah bukti dari apa yang kemungkinan menjadi kasus kanker paling awal yang pernah ditemukan.

Ilmuwan Jerman membuat penemuan ini sambil memeriksa sisa-sisa fosil kura-kura batang, yang hidup bersama dinosaurus dan mamalia paling awal di Bumi.

Kura-kura tanpa cangkang - yang dikenal sebagai Pappochelys rosinae - ditemukan di sebuah tambang di barat daya negara itu pada tahun 2015 lalu.

Namun, rincian dari tumor paha, yang ditemukan menggunakan CT scan, baru diungkapkan oleh jurnal ilmiah beberapa waktu yang lalu.

Dr Patrick Asbach, ahli radiologi di Universitas Kedokteran Berlin Charité dan penulis pendamping penelitian ini, mengatakan kepada National Geographic bahwa kanker itu "mirip dengan osteosarkoma pada manusia".

Dia menambahkan: "Sangat menarik untuk melihat bahwa penyakit yang kita kenal dengan baik juga muncul pada hewan yang punah, dan bahwa kita sebagai manusia bukan satu-satunya yang berjuang melawannya."

Kasus kanker manusia paling awal yang pernah ditemukan adalah osteosarkoma, yang ditemukan pada sisa-sisa leluhur manusia purba di Afrika Selatan yang berumur 1,7 juta tahun.

Yara Haridy, seorang paleontolog di Museum Sejarah Alam Berlin, menggambarkan penemuan penyakit ini sebagai "sangat langka dalam catatan fosil".

Baca Juga: Tanda Tubuh Penuh Parasit dan Cara Mengeluarkannya

"Sebagian besar kanker ada di jaringan lunak, dan meskipun kadang-kadang kita bisa melihat bukti patologi jaringan lunak pada tulang [fosil], kanker akan sangat sulit untuk didiagnosis seperti itu," ungkap Haridy.
Loading...

0 Response to "Penyakit Kanker Sudah Ada Sejak Era Dinosaurus, Ini Buktinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel