Makan Buah Blueberry Rutin Setiap Hari Dalam Sebulan, Ini Hasilnya

Buah blueberry masih asing ditemukan di toko-toko buah, karena harganya yang cukup mahal. Namun dalam bentuk lain seperti perasa atau selai blueberry sering kita temukan. Tapi tahukah Anda manfaat buah blueberry?

Sebagian dari kita mungkin tidak mengetahuinya, karena buah yang satu ini memang bukan buah asli Indonesia. Tetapi siapa sangka, jika buah yang berwarna biru tua ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Buah blueberry. Gambar: dailymail.co.uk

Apalagi jika Anda mengonsumsi rutin buah blueberry dalam jangka waktu satu bulan saja, maka manfaatnya akan langsung dirasakan. Apa itu? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Dikutip dari dailymail.co.uk, buah blueberry dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 20 persen, dalam sebuah studi baru.

Baca Juga: Mengenal Buah Black Sapote yang Memiliki Rasa Bak Puding Cokelat

Para peneliti menemukan, mengonsumsi 200 gram blueberry sehari selama satu bulan, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah pada orang sehat.

Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa buah 'super' beri ini bisa sama efektifnya dengan pil tekanan darah, yang biasa diresepkan oleh dokter.

Dan itu semua karena kandungan ajaib yang memberi beri itu warna biru, yang disebut anthocyanin.

Sementara, tekanan darah tinggi adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular. Dan jika diabaikan, dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Adalah para peneliti di Kings College London, yang menganalisis efek minum jus blueberry setiap hari selama satu bulan. Dan hasilnya bisa menyelamatkan jiwa Anda.

Peneliti utama, Dokter Ana Rodriguez-Mateos mengatakan: "Meskipun yang terbaik adalah memakan buah blueberry secara utuh, penelitian kami menemukan bahwa sebagian besar efeknya dapat dijelaskan oleh anthocyanin."

"Blueberry kaya akan polifenol, khususnya anthocyanin, tetapi juga mengandung senyawa fenolik lain dalam jumlah yang lebih kecil seperti procyanidin, flavonol dan asam fenolik, serta menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral yang kaya," tambahnya.

Baca Juga: Cara Menghancurkan Batu Ginjal dengan Buah Garcinia Cambogia

Blueberry awalnya telah diteliti karena efek potensialnya pada penurunan fungsi kognitif, tergantung usia. Tetapi baru-baru ini, buah blueberry ini terbukti meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Penelitian ini melibatkan 40 peserta, yang diberikan minuman yang mengandung 200 gram blueberry, untuk diminum setiap hari.

Tekanan darah, urin, dan darah dari semua sukarelawan diuji, serta dilatasi aliran-dimediasi (FMD) mereka yang mengukur seberapa besar arteri melebar ketika aliran darah meningkat.

Mereka menemukan, meminum juga dari 200 gram buah blueberry, meningkatkan fungsi pembuluh darah secara signifikan. Bahkan hanya dalam waktu dua jam saja, menakjubkan bukan.

Setelah satu bulan minum jus setiap hari, tekanan darah berkurang 5 mmHg. Penurunan yang sama dialami oleh orang-orang yang mengandalkan obat penurun darah.

Minuman yang mengandung anthocyanin murni juga menyebabkan peningkatan fungsi endotel, yang sangat penting dalam mengatur tekanan darah dan pembekuan darah.

Baca Juga: Manfaat Hebat Wortel Hitam dan Ungu yang Jadi Tren

Sebagai kesimpulan, hasil ini menunjukkan peran kunci dari metabolit antosianin, dalam mediasi aktivitas biologis blueberry yang dapat berkontribusi pada penuaan kardiovaskular yang sehat.
Loading...

0 Response to "Makan Buah Blueberry Rutin Setiap Hari Dalam Sebulan, Ini Hasilnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel