Makan Buah Ini Setiap Hari Menjadi Cara Menurunkan Gula Darah

Menurunkan gula darah sangat penting bagi kita, agar tidak terkena penyakit diabetes tipe 2. Di mana penyakit ini adalah, suatu kondisi yang menyebabkan kadar gula darah (glukosa) seseorang menjadi terlalu tinggi.

Jika tidak diobati, ada peningkatan risiko masalah mata, masalah ginjal, serangan jantung dan stroke. Pola makan yang buruk, tinggi lemak dan gula, adalah salah satu penyebab diabetes tipe 2, sehingga perubahan sederhana dapat membantu mengendalikan dan mencegah kondisi tersebut.

Dalam penelitian terbaru mengungkapkan, jika makan buah ini rutin setiap hari mampu menurunkan gula darah dengan aman. Bahkan kita bisa terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Dan buah ini juga sangat penting bagi penderita penyakit ini. Apa itu?

Menurunkan gula darah dengan buah raspberry.
Dikutip dari express.co.uk, makan dua genggam buah raspberry sehari bisa mencegah diabetes. Sekaligus menurunkan gula darah yang berbahaya bagi kesehatan.

Studi ini menunjukkan manfaat buah raspberry merah, bagi individu dengan pra-diabetes dan resistensi insulin.

Temuan itu muncul setelah angka-angka baru menunjukkan, satu dari 10 warga Inggris di atas usia 40 tahun, telah didiagnosis terena diabetes karena tingkat obesitas.

Pasien dengan pra-diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk sejumlah kondisi. Termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan demensia.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Obesity, menyelidiki efek buah raspberry merah pada sekelompok orang yang berisiko diabetes yang kelebihan berat badan atau obesitas, dengan pra-diabetes dan resistensi insulin.

Cara menurunkan gula darah dengan buah raspberry


Peneliti dengan tes darah pada 32 orang dewasa berusia 20 hingga 60 ini, dilakukan setelah makan sarapan selama tiga hari. Tiga kali sarapan sama dalam hal kalori dan nutrisi, tetapi berbeda dalam jumlah buah raspberry merah yang diberikan. Satu kali makan tidak mengandung raspberry, satu kali ditambah satu cangkir raspberry, dan satu lagi makan ditambah dua cangkir buah raspberry.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketika jumlah asupan buah raspberry meningkat, individu yang berisiko diabetes membutuhkan lebih sedikit insulin, untuk mengelola glukosa darah mereka.

Ketika dua cangkir buah raspberry merah ditambahkan dalam makanan, ampuh menurunkan gula darah.

Hasilnya menunjukkan bahwa, menambahkan buah seperti raspberry merah dalam makanan, dapat menurunkan gula darah. Efek ini sangat penting bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas dengan pra-diabetes.

Pemimpin studi dan ahli nutrisi Dr Britt Burton-Freeman, dari Illinois Institute of Technology, mengatakan:

"Orang yang berisiko diabetes sering disuruh untuk tidak makan buah karena kandungan gula yang tinggi.

Namun, buah-buahan tertentu - seperti raspberry merah - tidak hanya menyediakan mikronutrien esensial, tetapi juga komponen seperti anthocyanin, yang memberi mereka warna merah, tanin dan serat yang memiliki tindakan anti-diabetes.

Bagi orang yang berisiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan risiko kesehatan lainnya, mengetahui makanan apa yang memiliki manfaat perlindungan dan mengolahnya menjadi makanan bisa menjadi strategi penting, untuk memperlambat atau membalikkan perkembangan penyakit."

Kurang olahraga juga dapat menyebabkan pengembangan diabetes tipe 2. Jadi menjadi lebih aktif adalah langkah penting, dalam mencegah dan mengendalikan kondisi tersebut.

Untuk mencegah kondisi atau menurunkan kadar gula darah, disarankan melakukan latihan fisik 2,5 jam seminggu, dan aktif setiap hari.

Latihan yang terbaik dan paling efektif


Untuk penderita diabetes, manfaat kesehatan yang lebih besar diperoleh dari melakukan kombinasi latihan interval aerobik atau intensitas tinggi (HIIT) dan latihan resistensi, menurut badan kesehatan untuk diabetes di Inggris.
Loading...

0 Response to "Makan Buah Ini Setiap Hari Menjadi Cara Menurunkan Gula Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel