Minum Susu Ini untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Banyak di antara kita yang ingin menurunkan kolesterol, karena bisa menyebabkan penyakit yang mematikan salah satunya jantung. Kolesterol adalah zat berlemak yang penting untuk fungsi normal tubuh.

Tetapi jika jumlah kolesterol tinggi dalam tubuh, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, itu bisa menyumbat pembuluh darah utama yang memasok darah ke jantung.

Ini mengarah ke suatu kondisi yang disebut penyakit jantung koroner, yang merupakan penyebab utama serangan jantung. Serangan jantung dapat terjadi ketika endapan kolesterol dalam pembuluh darah pecah, menyebabkan gumpalan darah berkembang.

Menurunkan kolesterol dengan susu.
Gumpalan darah kemudian dapat memblokir suplai darah ke jantung, memicu serangan jantung.

Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi mengurangi ini sangat penting untuk menurunkan kolesterol.

Beberapa jenis susu, seperti susu sapi berlemak penuh, bisa tinggi lemak jenuh, jadi sebaiknya hindari jika Anda memiliki kolesterol tinggi.

Tapi jika Anda suka susu, ganti susu penuh lemak dengan susu semi-skim atau skim. Salah satunya adalah susu oat atau gandum.

Menurunkan kolesterol dengan susu oat atau gandum


Susu gandum sangat bermanfaat bagi orang dengan kolesterol tinggi, karena mengandung serat yang disebut beta glukan.

Ketika Anda makan beta glukan, itu membentuk gel yang mengikat kolesterol dan empedu di usus. Di maa empedu terbuat dari kolesterol.

Ini membantu membatasi jumlah kolesterol yang diserap dari usus ke dalam darah.

Hati kemudian mengambil lebih banyak kolesterol dari darah untuk membuat lebih banyak empedu, yang juga menurunkan kolesterol.

Heart UK, badan kesehatan jantung Inggris, merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar dua hingga empat porsi produk berbasis gandum atau olahannya per hari.

Ini akan memberi Anda sekitar 3 gram beta glukan, yang membantu menurunkan kolesterol.


"Ada beberapa makanan yang bukan hanya bagian dari diet sehat, mereka juga secara aktif membantu menurunkan kolesterol juga," kata Heart UK.

"Cobalah untuk makan beberapa susu gandum setiap hari. Semakin banyak yang Anda tambahkan ke dalam makanan, semakin menurunkan kolesterol, terutama jika Anda juga mengurangi lemak jenuh,” tambahnya.

Ada dua jenis kolesterol, yang dikenal sebagai kolesterol 'baik' atau HDL dan 'buruk' atau kolesterol LDL.

HDL membawa kolesterol menjauh dari sel-sel dan kembali ke hati. Di mana ia bisa dipecah atau dikeluarkan dari tubuh, sebagai produk limbah. Semakin tinggi level HDL, semakin baik.

LDL membawa kolesterol ke sel-sel yang membutuhkannya. Tetapi jika ada terlalu banyak kolesterol untuk digunakan sel, ia dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan penyakit jantung.

"Langkah pertama dalam menurunkan kolesterol Anda adalah mempertahankan pola makan yang sehat dan seimbang. Sangat penting untuk menjaga diet Anda rendah lemak," kata NHS - Badan kesehatan Inggris.

Anda bisa menukar makanan yang mengandung lemak jenuh dengan buah, sayuran, dan sereal gandum. Ini juga akan membantu mencegah kolesterol tinggi kembali.
Loading...

0 Response to "Minum Susu Ini untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel