Loading...

11 Manfaat Biji Selasih, Menurunkan Kolesterol Jahat Hingga Gula Darah Normal

Selasih jadi salah satu biji yang tidak asing bagi kita. Di mana banyak minuman hingga makanan menggunakan biji selasih. Namun kebanyakan dari kita tidak tahu, apa sebenarnya manfaat dari biji selasih.

Biji selasih ternyata memiliki manfaat beragam, mulai dari menurunkan kolesterol jahat hingga membuat kadar gula darah normal. Nah, artikel kali ini kita akan membahas setidaknya 12 manfaat biji selasih.

Terlihat mirip dengan biji wijen, selsih memiliki warna hitam. Jenis yang Anda makan biasanya berasal dari selasih atau Ocimum basilicum , yang merupakan tanaman yang digunakan untuk makanan musim.

biji selasih

Biji sellasih ini memiliki sejarah panjang, dan biasa digunakan dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina. Tetapi efek kesehatannya hanya diuji dalam beberapa studi. Berikut adalah 12 manfaat menarik dan penggunaan biji selasih dikutip dari healthline.com.

1. Sumber Mineral yang Baik

Berdasarkan label nutrisi produk di Amerika Serikat, 1 sendok makan  sekitar 13 gram, memasok 15% dari Reference Daily Intake (RDI) untuk kalsium dan 10% dari RDI untuk magnesium dan besi.

Kalsium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi otot. Sedangkan zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah.

Baca Juga: Apakah Anak Benar-benar Perlu Minum Susu?

Banyak orang tidak mendapatkan cukup kalsium dan magnesium melalui makanan. Mengonsumsi biji selasih bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian ini.

Selain itu, biji selasih menjadi sumber penting zat besi dan kalsium, bagi orang yang tidak makan daging atau produk susu

2 – 6. Dikemas dengan Serat

Biji kemangi kaya serat, terutama serat larut , termasuk pektin.

Baca Juga: 10 Cara Alami Melawan Sembelit Kronis

Berikut beberapa cara serat dalam biji basil dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda:


  • Membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian. Hanya 1 sendok makan, memasok 7 gram serat.
  • Mendukung kesehatan usus. Studi menunjukkan pektin memiliki manfaat prebiotik, yang berarti dapat memelihara dan meningkatkan bakteri usus yang menguntungkan. Ini termasuk bakteri anti-inflamasi yang mendukung kesehatan usus.
  • Membantu kenyang lebih lama. Pektin dapat menunda rasa lapar dan meningkatkan kadar hormon yang meningkatkan rasa kenyang. Cocok untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan.
  • Menormalkan kadar gula darah. Ketika orang-orang dengan diabetes tipe 2 makan 10 gram biji selasih dalam air setelah makan selama sebulan, gula darah akan lebih rendah.
  • Menurunkan kolesterol jahat. Pektin dapat menurunkan kolesterol darah dengan menghambat penyerapan kolesterol dalam usus. Orang yang makan 30 gram biji selasih setiap hari selama satu bulan, mengalami penurunan total kolesterol 8 persen.

7. Pengental dan Stabilizer tanpa rasa

Biji selasih menjadi bahan yang berharga dalam industri makanan. Karena tidak berasa dan dapat membantu mengentalkan dan menstabilkan campuran baik dalam makanan maupun minuman.

Sebagai contoh, dapat menstabilkan es krim dan mengurangi pertumbuhan kristal es yang tidak diinginkan sebesar 30-40 persen, dibandingkan dengan formulasi es krim standar.

Baca Juga: Minum Susu Ini untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Biji selasih juga dapat menstabilkan saus salad, krim kocok rendah lemak, dan jeli. Serta berfungsi sebagai pengganti lemak dalam yogurt dan mayones.

8. Kaya Senyawa Tumbuhan

Biji selasih kaya akan senyawa tanaman, termasuk flavonoid dan polifenol lainnya.

Flavonoid adalah antioksidan, yang berarti mereka melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oleh radikal bebas. Senyawa tanaman ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antikanker.

9. Bahan Minuman Enak dan Berserat

Biji selasih telah lama digunakan dalam minuman di India dan Asia Tenggara.

Makanan penutup seperti minuman dingin yang populer di India adalah falooda, dibuat dengan biji selasih, sirup rasa mawar, dan susu. Beberapa versi menambahkan es krim, mie, atau buah.

Selain itu, beberapa produsen makanan di Amerika Serikat dan Eropa sekarang menjual minuman botol yang dibuat dengan biji selasih, termasuk di Indonesia.

10. Sumber Lemak Omega-3

Biji selasih mengandung rata-rata 2,5 gram lemak per porsi 1 sendok makan. Ini bervariasi berdasarkan kondisi pertumbuhan.

Dari lemak ini, sekitar setengah - 1.240 mg per sendok makan - adalah asam alfa-linolenat (ALA), lemak omega-3.

Baca Juga: Umbi Enak Ini Jadi Resep Cara Membakar Lemak Perut dengan Cepat

Oleh karena itu, hanya satu sendok makan biji selasih dapat memenuhi sebagian besar - atau bahkan semua - kebutuhan harian Anda untuk ALA.

11. Mudah Digunakan

Anda dapat membeli biji selasih di toko makanan dan online - mencari biji selasih yang bisa dimakan. Benih yang dikemas untuk ditanam biasanya lebih mahal per ons dan mungkin mengandung pestisida .

Cara makan dan mengolah biji selasih


Merendam Benih

Untuk merendam biji selasih, tambahkan 1 cangkir air per 1 sendok makan biji selasih.

Gunakan lebih banyak air jika diinginkan, karena benih hanya menyerap sebanyak yang diperlukan. Menggunakan terlalu sedikit air dapat menyebabkan biji menggumpal saat terhidrasi.

Biarkan biji berendam selama sekitar 15 menit. Saat biji membesar, ukurannya kira-kira tiga kali lipat. Selain itu, bagian luar seperti gel berubah menjadi abu-abu.

Bagian tengah biji basil yang direndam tetap hitam. Bagian ini memiliki kerenyahan ringan saat Anda mengunyahnya - mirip dengan tapioka.

Saring biji selasih yang sudah direndam dan tambahkan ke resep makanan atau minuman.

Cara Menggunakannya

Anda dapat menemukan resep yang menggunakan biji selasih. Misalnya, Anda dapat menggunakan biji kemangi di:


  • smoothie
  • milkshake
  • limun dan minuman lainnya
  • sup
  • salad dressing
  • yogurt
  • puding
  • sereal panas seperti oatmeal
  • pancake gandum utuh
  • hidangan pasta whole-grain
  • roti dan muffin

Saat menggunakan biji selasih dalam makanan yang dipanggang, Anda bisa menggilingnya dan menggunakannya untuk taburan.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan biji selasih yang sudah direndam untuk menggantikan telur. Gunakan 1 sendok makan biji selasih yang direndam dalam 45 mililiter air untuk menggantikan 1 telur.

Baca Juga: 10 Makanan Nikmat dan Populer Tapi Berbahaya

Kemungkinan Efek Samping

Kandungan serat biji basil yang tinggi dapat menyebabkan efek samping pencernaan seperti kembung. Biasanya yang terbaik adalah meningkatkan asupan serat secara bertahap, untuk memberi waktu bagi usus Anda untuk menyesuaikan diri.
Loading...

0 Response to "11 Manfaat Biji Selasih, Menurunkan Kolesterol Jahat Hingga Gula Darah Normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel