Loading...

Ada Benjolan Ini di Pusar? Tanda Kanker Telah Menyebar di Perut

Kanker adalah salah satu penyakit yang peling ditakuti manusia, karena pengobatannya sangat mahal dan menguras waktu. Selain itu, kanker juga biasanya tidak memberikan tanda yang jelas, jika masih belum menyebar.

Inilah salah satu alasan, kenapa pengobatan penyakit kanker sangat mahah begitu juga dengan deteksi dini kanker. Dan yang membuat kita harus lebih waspada, kanker bisa berada di mana saja di tubuh manusia.

tanda kanker menyebar di perut

Mulai dari darah, tulang hingga organ tubuh bisa diserang kanker. Bahkan salah satu tanda yang sudah berbahaya bisa dilihat di pusar. Seperti yang dialami oleh wanita ini, saat pusarnya menandakan ada penyakit kanker yang berbahaya.

Dikutip dari dailymail.co.uk, weorang wanita berusia 73 tahun didiagnosis menderita kanker ovarium, setelah benjolan merah aneh keluar dari pusarnya.

Tanda Kanker


Wanita itu - yang belum disebutkan namanya - pergi ke rumah sakit ketika 'nodul pusar' menjadi sakit dan tumbuh hingga 2cm selama lebih dari empat bulan.

Perut yang terkena kanker

Hasil pemindaian kemudian mengungkapkan bahwa, dia menderita tumor 11x11cm di pinggulnya, yang telah menyebar ke pusarnya.

Baca Juga: Lawan Kanker dengan Kunyit, Begini Cara Mengonsumsinya

Benjolan merah - yang dikenal sebagai nodul Suster Mary Joseph - dapat terjadi dengan kanker ovarium, tetapi 'relatif jarang', kata para dokter.

Pasien dari Spanyol ini, dikatakan telah membuat pemulihan penuh setelah menjalani kemoterapi dan operasi untuk mengangkat penyakitnya.

Wanita itu pergi ke dokter dua hari setelah benjolan di pusarnya mulai berdarah.

Dia dirawat oleh Dr Javier Barambio, seorang dokter bedah umum dan sistem pencernaan di Hospital Universitario Fundacion Jimenez Diaz di Madrid.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Kanker Prostat yang Mematikan dan Gejalanya

Pemindaian mengungkapkan massa panggul - yang dalamnya 9,5 cm - serta cairan di perutnya dan sel-sel kanker di peritoneumnya.

Peritoneum adalah lapisan tipis jaringan yang melapisi bagian dalam perut dan organ-organnya, seperti hati.

Biopsi nodul Suster Mary Joseph dan massa panggul memastikan, pasien menderita kanker ovarium.

Dr Barambio mengatakan kepada Live Science bahwa, dia sekarang bebas dari penyakit dan dalam kesehatan yang baik.

Nodul Suster Mary Joseph menonjol dari pusar dan dapat menjadi tanda kanker parah atau metastasis, menurut Stanford Medicine.

Ini kemungkinan besar terjadi pada gastrointestinal bentuk penyakit - seperti usus atau pankreas - atau ginekologis - seperti ovarium dan uterus.

Baca Juga: 10 Buah Pencegah Kanker yang Harus Kamu Konsumsi

Penyebab nodul tidak jelas tetapi diduga disebabkan oleh sel kanker yang menyebar ke pusar. Baik melalui peritoneum, sistem getah bening, atau sirkulasi.
Loading...

0 Response to "Ada Benjolan Ini di Pusar? Tanda Kanker Telah Menyebar di Perut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel