Loading...

Fakta atau Mitos? Biji Alpukat Halus Hilangkan Bengkak Akibat Asam Urat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling menyehatkan, dan cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Bahkan di komunitas diet DEBM atau diet enak bahagia dan menyenangkan, alpukat adalah buah wajib.

Selain memiliki kandungan gizi yang lengkap, alpukat juga membuat perut kenyang lebih lama. Maka tidak heran, jika buah yang satu ini kerap disebut sebagai makanan super, bahkan di seluruh dunia.

Nah satu lagi, biji alpukat kerap kita buang karena tidak bisa dimanfaatkan. Namu baru-baru ini beredar informasi, jika biji alpukat yang dihaluskan bisa menghilangkan bengkak akibat asam urat. Apakah benar demikian?

Biji alpukat yang dihaluskan

Dalam sebuah studi menemukan, jika bagian paling sehat dari alpukat adalah bijinya.


Para peneliti dari Penn State University menemukan bahwa, ekstrak dalam biji alpukat mengurangi peradangan. Terutama yang disebabkan oleh  peningkatan sel darah putih.

Tim mengatakan, temuan itu adalah bukti bahwa ekstrak biji alpukat dapat diubah menjadi bahan makanan. Atau bahkan digunakan sebagai obat farmasi.

Baca Juga: Minum Susu Ini untuk Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung

Namun, para ahli skeptis dan mengatakan bahwa, penelitian ini masih dalam tahap awal. Dan jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, biji alpukat sebenarnya bisa beracun.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Penn State pada 2013 menemukan bahwa, suku Amerika kuno Aztec dan Maya, memanaskan atau merebus biji alpukat untuk mengobati sejumlah penyakit termasuk diabetes, masalah pencernaan dan infeksi parasit.

Studi lain dari Nigeria pada tahun 2009 menemukan bahwa, ekstrak biji alpukat secara historis digunakan di negara Afrika untuk mengelola tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Diet Empat Langkah yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa, biji alpukat tersebut kemungkinan beracun.

Sebuah penelitian di Meksiko 2013 menemukan bahwa ekstrak ekstrak dalam dosis tinggi berbahaya bagi tikus, meskipun tidak menyebabkan kerusakan genetik.

Dan sebuah studi tahun 1988 dari Israel menunjukkan, minyak biji alpukat meningkatkan penumpukan lemak di hati tikus.

Sementara dalam studi baru oleh tim Penn State dalam 10 tahun terakhir, menemukan bahwa ekstrak biji alpukat mampu meringankan peradangan. Namun untuk meredakan bengkak akibat asam urat masih perlu dilakukan lebih lanjut.

"Langkah selanjutnya, sebelum kita dapat menarik kesimpulan lebih lanjut tentang aktivitas anti-inflamasi ekstrak biji alpukat ini, adalah merancang studi model hewan," kata Dr Lambert.

Sementara para ahli tidak merekomendasikan untuk memakan biji alpukat. Ahli diet terdaftar Lara Metz, dari Lara Metz Nutrition di New York City, setuju dengan sudut pandang ini.

Orang Amerika sendiri makan sekitar 3,5 kilogram alpukat dalam satu tahun. Manfaat buah alpukat telah lama dipuji. Beberapa nutrisi penting di dalamnya termasuk vitamin K, folat, dan kalium.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, buah ini dapat meningkatkan kadar kolesterol 'baik' HDL. Meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan, dan membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Dua Jenis Kacang yang Turunkan Kolesterol dan Nyeri Asam Urat

Daging kuning-hijau di dalamnya bisa dimakan pada apa saja mulai dari salad hingga roti panggang, tetapi kulit dan biji umumnya dibuang.
Loading...

0 Response to "Fakta atau Mitos? Biji Alpukat Halus Hilangkan Bengkak Akibat Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel