Diet DASH, Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat-obatan

Apakah ada cara menurunkan asam urat secara alami, bahkan tanpa obat-obatan? Mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda saat ini, yang kerap merasakan kesakitan akibat asam urat di kaki.

Ketika kambuh, asam urat urat kerap membuat hidup tampak sengsara. Terutama jika memburuk di malam hari, dengan rasa sakit dan gatal yang tidak tertahankan. Membuat tidur kita terganggu.

Tapi dengan meletakkan kaki di mangkuk berisi air dingin akan membuat sedikit lega. Apakah ada hal lain yang bisa kita lakukan atau makanan yang harus dihindari untuk menurunkan asam urat? Jawabannya adalah dengan diet DASH, apa itu?'

ilustrasi asam urat menyerang kaki

Asam Urat yang Menyakitkan


Asam urat dapat menyebabkan nyeri hebat dan pembengkakan pada persendian. Memang, banyak penderita menggambarkan sensasi sebagai rasa sakit terburuk yang bisa dibayangkan.

Baca Juga: Mengapa Saat Ini Banyak Anak Muda Terkena Penyakit Asam Urat?

Ini terjadi akibat tingginya kadar asam urat dalam darah. Asam urat menjadi produk limbah dari pemecahan purin, senyawa kimia yang ditemukan di banyak jenis makanan dan minuman. Kristal asam urat berkumpul di persendian, menyebabkan peradangan dan nyeri.

Tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan mengalami kondisi ini, meskipun alasan mengapa tidak jelas.

Dikutip dari dailymail.co.uk, apa yang kita ketahui adalah bahwa 5 persen dari populasi akan mengalami penyakit asam urat. Faktor-faktor risiko termasuk usia - paling sering terjadi pada mereka yang berusia di atas 65, obesitas, tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal. Semua ini meningkatkan produksi asam urat tubuh, dan memperlambat pembersihan secara alami.

Faktor risiko lain termasuk terlalu banyak minum alkohol atau minuman bersoda. Juga konsumsi sirup jagung tinggi fruktosa, atau makan makanan yang mengandung banyak daging. Dan makanan laut, karena semuanya mengandung purin tingkat tinggi.

Asam urat biasanya mempengaruhi satu sendi. Rasa sakit akan datang tiba-tiba dan biasanya disertai dengan kemerahan dan pembengkakan.

Gejala asam urat membaik setelah beberapa hari dan mereda dalam beberapa minggu.

Baca Juga: Ingin Memulai Diet Asam Urat? Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Serangan akut dapat ditekan menggunakan steroid anti-inflamasi seperti tablet prednisolon; lebih umum, kami meresepkan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), obat penghilang rasa sakit seperti indometasin atau naproksen.

Mungkin dokter Anda enggan menyarankan Anda untuk mencoba salah satu dari ini.  Obat-obatan yang tercantum di atas semua dikontraindikasikan pada pasien yang menggunakan antikoagulan, karena kombinasi seperti itu secara signifikan meningkatkan risiko perdarahan di perut.

Setelah serangan asam urat konstan, pengobatan dapat dimulai dengan obat jangka panjang yang teratur. Tujuannya untuk menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan di masa depan.

Paling umum diresepkan adalah allopurinol, yang bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat yang dibuat oleh tubuh. Butuh beberapa bulan sebelum melakukannya.

Cara Menurunkan Asam Urat dengan Diet DASH


Sebagai jawaban atas pertanyaan sebelumnya, perubahan pada makanan dapat mengurangi frekuensi serangan asam urat. Saat ini, rencana makan yang disarankan adalah diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension.  Melibatkan peningkatan proporsi protein dari produk susu rendah lemak, mengurangi daging merah, makanan laut dan lemak jenuh, bersama dengan mengganti karbohidrat putih dengan versi wholemeal.

Ada juga bukti bahwa, makan ceri - sepuluh biji sebanyak dua kali sehari - bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dan mencegahnya kambuh.

Baca Juga: Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Alpukat

Buah ceri mengandung bioflavonoid dan anthocyanin, senyawa yang mengurangi kadar asam urat dan juga memiliki efek anti-inflamasi. Meskipun rincian mekanisme ini belum sepenuhnya dipahami.

Minum empat hingga lima cangkir kopi setiap hari, juga dikaitkan dengan risiko serangan yang lebih rendah. Tetapi studi lebih lanjut tentang hal ini masih ditunggu.

Baca Juga: Apakah Minum Kopi Membantu Mengobati Asam Urat Atau Sebaliknya?

Saya sarankan meminta dokter Anda untuk rujukan ke ahli gizi untuk panduan tentang cara mematuhi diet DASH.

Sedikit saran akan sangat membantu dan, pada usia Anda, karena mungkin ada masalah kesehatan lainnya, beberapa bantuan ahli disarankan.
Loading...

0 Response to "Diet DASH, Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat-obatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel