Loading...

Diet Empat Langkah yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Penderita diabetes tipe 2 semakin umum ditemukan, dan penyebabnya adalah kadar gula darah (glukosa) yang terlalu tinggi. Pilihan gaya hidup, seperti makan dengan pola makan yang buruk, meningkatkan kadar gula darah.

Namun bagaimana pun gula, lemak, dan garam tetap harus dikonsumsi dalam batas cukup. Nah jika Anda tidak ingin terkena penyakit diabetes tipe 2, maka harus memulai langkah untuk membuat kadar gula darah tetap normal.

Makanan penurun kadar gula darah

Penyakit diabetes tipe 2 sendiri, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika tidak ditangani.Berikut dalah langkah-langkah untuk menurunkan gula darah secara alami. Anda bisa mengikuti rencana diet yang terbukti efektif ini.

Diet untuk Menurunkan Kadar Gula Darah


Ahli diabetes merekomendasikan empat langkah berikut untuk mengikuti diet rendah karbohidrat:

1. Asupan sayuran yang banyak
2. Peningkatan sederhana dalam asupan lemak dari sumber alami
3. Asupan protein sedang
4. Kurangi ketergantungan pada makanan olahan, gula dan biji-bijian

Jika Anda secara signifikan mengurangi jumlah karbohidrat dalam makanan, maka perlu menambah sedikit kalori dari protein atau lemak.

Baca Juga: Sarapan cepat terbaik untuk menghindari gula darah tinggi

Anda harus mencari sumber lemak alami, termasuk yang berikut ini:

Daging
Ikan
Susu
Telur
Gila
Alpukat
Zaitun
Minyak zaitun

Sumber lemak alami, seperti di atas, akan memberikan keseimbangan lemak tak jenuh tunggal, tak jenuh ganda, dan jenuh.

Cobalah untuk menghindari makanan olahan dan takeaways, karena lemak di dalamnya umumnya buatan manusia atau telah diproses.

Ketika memilih protein, usahakan daging yang belum diproses. Karena daging yang diproses, dikaitkan dengan peningkatan penyakit jantung  dan resistensi insulin.

NHS - Badan Kesehatan Inggris - menyarankan agar gula, lemak, dan garam tetap dikonsumsi dalam jumlah minimum. Makan berbagai makanan, termasuk buah, sayuran, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta, dan makan sarapan, makan siang, dan makan malam setiap hari. Jangan melewatkan jam makan.

Baca Juga: Cara Makan Mie Instan Tanpa Takut Kadar Gula Darah Naik

Menurunkan kadar gula jelas bermanfaat bagi penderita diabetes. Kebutuhan insulin yang lebih rendah juga sangat berguna, karena menurunkan insulin dalam tubuh dapat mengurangi resistensi insulin, yang dapat membantu membalikkan kondisi diabetes tipe 2.

Semoga bermanfaat...
Loading...

0 Response to "Diet Empat Langkah yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel