Loading...

Makan Siang yang Dianjurkan untuk Menghindari Gula Darah Tinggi

Banyak orang yang ingin tahu cara menurunkan risiko gula darah tinggi. Dan ternyata itu tidak sulit, cukup dengan melakukan sedikit perubahan pada makanan harian Anda. Salah satunya dengan mengubah pola makan siang.

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghindari lonjakan gula darah, yang kerap dirasakan usai makan siang. Padahal, gula darah yang tinggi membuat Anda berisiko terkena penyakit seumur hidup, yaitu diabetes tipe 2.

buah alpukat untuk penderita diabetes
Buah alpukat.
Risiko diabetes tipe 2 dapat diturunkan dengan melakukan beberapa perubahan pola makan atau gaya hidup. Dan di antaranya dengan makan lebih banyak "makanan super" yang murah ini pada saat makan siang. Apa itu?

Baca Juga: Diet Empat Langkah yang Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Makanan itu tidak lain adalah buah alpukat. Salah satu makanan terbaik untuk pasien diabetes dan mereka yang berisiko, ungkap dokter Dr Joseph Mercola.

Ini adalah makanan super yang juga merupakan sumber lemak dan serat sehat. Dan bisa menurunkan peluang Anda untuk tiba-tiba menaikkan gula darah tinggi.

Cukup memasukkan lebih banyak buah alpukat, ke dalam makanan harian Anda.

"Berita baiknya adalah bahwa resistensi insulin, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2 semuanya dapat diatasi melalui nutrisi dan olahraga yang tepat," kata Mercola.

“Makan makanan yang mengandung lemak sehat dapat membantu menahan rasa kenyang. Makan lemak memperlambat pencernaan karbohidrat, yang membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil," tambahnya.

Alpukat juga kaya serat, dengan setengah buah mengandung enam hingga tujuh gram. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi dapat meningkatkan penurunan berat badan, dan membuat insulin lebih efisien.

Anda bisa menggunakan alpukat sebagai pengganti mayones dalam salad ayam atau telur.

Baca Juga: Sarapan cepat terbaik untuk menghindari gula darah tinggi

Anda juga bisa menurunkan risiko diabetes dengan makan lebih banyak makanan yang mengandung magnesium, tambahnya.

Salah satu sumber magnesium terbaik adalah biji. Bunga matahari, wijen hitam, dan biji labu bisa membantu menghindari diabetes.

Tidak ada makanan yang harus dihindari oleh pasien diabetes secara aktif. Tetapi penting untuk mengurangi jumlah gula, lemak, dan garam dalam makanan.

Penting juga untuk memastikan Anda melakukan olahraga yang cukup. Setiap orang harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik, setiap minggunya.

Banyak orang mungkin sudah menderita diabetes tanpa menyadarinya, karena gejalanya tidak selalu terlihat. Gejala diabetes yang umum termasuk penglihatan kabur, merasa sangat haus, dan kelelahan ekstrim.

Baca Juga: Cara Makan Mie Instan Tanpa Takut Kadar Gula Darah Naik

Bicaralah dengan dokter jika Anda khawatir tentang tanda-tanda diabetes, atau jika Anda pikir Anda berisiko.
Loading...

0 Response to "Makan Siang yang Dianjurkan untuk Menghindari Gula Darah Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel