Mengenal Apa Itu Kanker Prostat yang Mematikan dan Gejalanya dari Warna Urin

Apa itu Kanker Prostat


Apa itu kanker prostat? Kanker prostat adalah kanker paling umum pada pria, dan gejalanya mungkin tidak mudah untuk dilihat pada tahap awal. Seiring perkembangan penyakit, Anda mungkin melihat beberapa gejalanya.

Gejala kanker prostat biasanya tidak cukup terdeteksi, sampai prostat cukup besar. Dan langsung mempengaruhi tabung yang mengeluarkan urin dari kandung kemih, dikenal sebagai uretra.

Untuk alasan ini, mungkin kita tidak menyadari gejala kanker prostat selama bertahun-tahun. Ketika kanker berkembang, ini mungkin mulai mempengaruhi cara Anda buang air kecil. Satu perubahan yang harus Anda pastikan untuk mengenalinya adalah warna urin Anda. Seperti apa?

Ilustrasi kanker prostat.
Dikutip dari express.co.uk, akan ada darah dalam urin, yang dikenal sebagai hematuria, adalah gejala kanker prostat yang dikenal.

Ini terkait dengan kerusakan ginjal, tempat urin ditampung. Atau masalah di bagian lain saluran kemih, seperti uretra.

Pria mungkin memperhatikan urin berwarna merah muda, merah, kecoklatan atau berwarna teh jika darah muncul di urin.

Tetapi perlu dicatat hermaturia dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, obat-obatan tertentu, olahraga berat dan pembesaran prostat.

Gejala Kanker Prostat


Gejala-gejala lain dari kanker prostat, menurut NHS, badan kesehatan Inggris di antaranya:

  • Buang air kecil lebih sering, terutama pada malam hari
  • Perlu bergegas ke toilet
  • Sulit untuk mulai buang air kecil (keragu-raguan)
  • Memakan waktu lama saat kencing
  • Aliran air kencing lemah
  • Merasa kandung kemih Anda belum kosong sepenuhnya
  • Darah dalam urin bahkan air mani


Gejala lain yang harus diwaspadai, yang dapat mengindikasikan bahwa kanker telah menyebar di luar prostat termasuk:

  • Nyeri pinggang atau pinggul
  • Masalah dengan mendapatkan atau mempertahankan ereksi
  • Darah dalam urin atau air mani
  • Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan


Profesor Mark Emberton dari The Princess Grace Hospital, bagian dari HCA Healthcare UK mengungkapkan faktor risiko utama kanker prostat kepada Express.co.uk.

Faktor risiko utama kanker prostat


Profesor Emberton mengatakan: “Meskipun tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker prostat, ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi risiko pengembangan penyakit ini.

Ini termasuk usia, riwayat keluarga, etnis, obesitas dan makanan.

Usia

Risiko kanker prostat meningkat dengan bertambahnya usia, dengan usia rata-rata diagnosis antara 65-69 tahun, kata Profesor Emberton.

Dia menambahkan: “Lebih dari setengah pria yang didiagnosis menderita kanker prostat di Inggris setiap tahun berusia 70 tahun ke atas." Namun, bukan tidak mungkin bagi pria yang lebih muda untuk mengembangkan penyakit ini - meskipun jarang terjadi."

Sejarah keluarga

Pria dua setengah kali lebih mungkin terkena kanker prostat jika saudara atau ayah mereka mengidapnya.

Etnisitas

Satu dari empat pria kulit hitam di Inggris akan mendapatkan kanker prostat, menurut Profesor Emberton.

Dia menambahkan: “Ini lebih umum pada pria keturunan Afrika-Karibia dan Afrika daripada pada pria kulit putih, dan itu bahkan lebih jarang terjadi pada pria Asia. Tidak diketahui mengapa ini terjadi, tetapi kami percaya ada hubungan genetik.”

Kegemukan

Tidak diketahui bagaimana cara mencegah kanker prostat, tetapi kita tahu tetap dengan berat badan yang sehat

Catatan penting: Profesor Emberton mengatakan: "Penelitian menunjukkan bahwa jika seorang pria kelebihan berat badan atau obesitas, peluangnya untuk didiagnosis dengan kanker prostat yang agresif atau lanjut meningkat."

Makanan

Profesor Emberton mengatakan: "Meskipun penelitian masih berlangsung seputar hubungan antara kanker prostat dan makanan, ada beberapa bukti menunjukkan bahwa makanan tinggi kalsium meningkatkan risiko kanker prostat."

Obat kanker prostat


Jenis perawatan yang ditawarkan untuk pasien kanker prostat akan bervariasi, tergantung pada apakah kanker tersebut terlokalisasi (terkandung dalam kelenjar prostat), lanjut secara lokal (menyebar di luar prostat) atau lanjut (menyebar ke bagian lain dari tubuh).

Karena itu, bagi banyak pria dengan kanker prostat, tidak ada rencana bedah atau pengobatan yang diperlukan, menurut Profesor Emberton.

Dia menjelaskan: “Rencana jangka panjang ini melibatkan pemeriksaan rutin dan pemantauan untuk memastikan bahwa kanker tidak menyebabkan gejala atau masalah."

Tindakan


Ada beberapa pilihan perawatan berbeda yang tersedia untuk pasien kanker prostat termasuk operasi, kemoterapi, radioterapi dan imunoterapi.

Tes PSA adalah metode yang direkomendasikan untuk memeriksa apakah Anda menderita kanker prostat.
Loading...

0 Response to "Mengenal Apa Itu Kanker Prostat yang Mematikan dan Gejalanya dari Warna Urin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel