Loading...

Pengganti Rasa Manis yang Aman Agar Gula Darah dan Kolesterol Turun

Diabetes adalah suatu kondisi di mana tingkat gula dalam darah seseorang terlalu tinggi. Pada diabetes tipe 2 ini terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, atau insulin yang dihasilkan ditolak oleh sel-sel tubuh.

ilustrasi tes gula darah

Peran insulin adalah untuk mentransfer gula dalam darah ke sel, dan jika tidak mampu melakukan ini, kadar gula akan tetap berada dalam darah. Mengurangi gula dalam makanan adalah cara yang paling tepat, untuk menghindari gula darah tinggi.

Tetapi ini bukan berarti penderita diabetes tidak bisa menikmati makanan manis. Nah, jika Anda tetap ingin merasakan minuman atau makanan manis, bisa menggantinya dengan cara berikut ini.

Jika Anda menderita diabetes tetapi ingin merasakan makanan dan minuman manis, bisa menggantinya dengan kayu manis ceylon. Kayu manis ceylon ini berwarna kecoklatan. Berbeda dengan kayu manis cassia, yang cenderung pedas dengan warna kemerahan hingga coklat.

Menurut Diabetes.co.uk, kayu manis ceylon semakin dikaitkan dengan perbaikan kondisi seperti diabetes.

Ini karena penelitian telah menyarankan, jika kayu manis dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.


Satu studi klinis pada tahun 2003 menunjukkan, asupan harian kulit kayu manis ceylon 1, 3 atau 6 gram terbukti mengurangi glukosa serum, trigliserida, dan kolesterol jahat setelah 40 hari dikonsumsi penderita diabetes setengah baya.

Studi lain yang lebih awal pada tahun 2000 menemukan bahwa, mengkonsumsi 1 gram kayu manis ceylon per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dan membantu mengelola atau bahkan membalikkan diabetes tipe 2.

Sebuah studi kemudian pada tahun 2007 mengungkapkan bahwa makan 6 gram kayu manis ceylon, memperlambat pengosongan perut. Dan secara signifikan mengurangi hiperglikemia setelah makan.

Baca Juga: 11 Manfaat Biji Selasih, Menurunkan Kolesterol Jahat Hingga Gula Darah Normal

"Sebagai hasil dari bukti ilmiah yang tersedia, banyak ahli kesehatan mengklaim bahwa kayu manis ceylon mengandung khasiat yang bermanfaat untuk pengaturan gula darah dan pengobatan diabetes tipe 2," kata Diabetes.co.uk.

Namun, ingatlah bahwa seperti banyak senyawa alami kayu manis belum disetujui secara medis, untuk pencegahan atau pengobatan penyakit apa pun.

Kayu manis dijual dalam berbagai bentuk, termasuk kayu manis, bubuk, teh, minyak dan suplemen tablet, yang dapat ditemukan di sebagian besar toko kesehatan dan supermarket besar.

Diabetes.co.uk menyarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, jika Anda berencana untuk mengonsumsi suplemen kayu manis atau melakukan perubahan pola makan.

Studi lain juga menunjukkan kayu manis memiliki efek anti-pembekuan darah, mengurangi rasa sakit pada penderita radang sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan infeksi ragi yang kebal obat.

Manfaat kesehatan lain dari kayu manis yang ditunjukkan dalam beberapa penelitian, termasuk membantu meringankan gangguan pencernaan dan mengurangi proliferasi sel leukemia dan kanker limfoma.

Mayoritas manfaat kesehatan ini dikaitkan dengan kayu manis ceylon yang bertentangan dengan kulit kayu manis cassia, yang merupakan jenis yang terlibat dalam sebagian besar penelitian diabetes.

Kayu manis juga merupakan sumber nutrisi penting termasuk kalsium, serat, mangan, dan zat besi.

Baca Juga: 11 Manfaat Pisang Terlalu Matang, Bagus untuk Menurunkan Kolesterol

Selain mengurangi gula, penderita diabetes disarankan untuk makan makanan sehat dan seimbang yang rendah lemak jenuh, sambil berolahraga teratur untuk membantu menjaga kondisi tetap terkendali.
Loading...

0 Response to "Pengganti Rasa Manis yang Aman Agar Gula Darah dan Kolesterol Turun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel