Loading...

Sarapan cepat terbaik untuk menghindari gula darah tinggi

Diabetes tipe 2 terjadi ketika kadar gula dalam darah seseorang terlalu tinggi. Ini bisa berbahaya karena, jika diabetes yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi pada jantung, mata, ginjal, saraf dan kaki.

Kondisi ini dapat dikontrol dengan obat-obatan, tetapi juga penting untuk berolahraga secara teratur dan memperbaiki pola makan. Perubahan pola makan yang paling jelas adalah mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi, tetapi ini bisa sangat sulit.

Terutama ketika Anda terburu-buru dan makan seenaknya saat bepergian, karena beberapa makanan bisa sangat tinggi gula. Jika Anda tidak punya waktu untuk membuat sarapan sehat di pagi hari, maka makanan sehat ini cocok untuk dikonsumsi.

Ilustrasi sarapan
Ilustrasi sarapan.
Sebuah organisasi Diabetes UK menyarankan, untuk memakan buah segar dan beberapa kacang, saat sarapan. Jangan mengonsumsi sereal batangan, meskipun tampak sehat. Karena dapat mengandung gula tinggi dan juga lemak.

Baca Juga: Cara Makan Mie Instan Tanpa Takut Kadar Gula Darah Naik

Pedoman badan kesehatan Inggris menyarankan, orang dewasa mengkonsumsi tidak lebih dari 30 gram gula per hari. Tetapi sereal batangan yang banyak dijual, mengandung hampir jumlah harian yang disarankan.

"Untuk sarapan yang lebih baik, ambil beberapa buah segar dan segenggam kacang," kata Diabetes UK.

Sementara buah mengandung gula, penderita diabetes masih disarankan untuk memakannya. Gula dalam buah alami dan bukan gula buatan, yang ditemukan dalam makanan lain.

Buah dikemas dengan vitamin dan mineral penting untuk tubuh dan sangat sehat. Sementara kacang-kacangan juga penuh dengan nutrisi penting.

Diabetes UK juga memperingatkan, minuman saat sarapan harus diperhatikan.

Baca Juga: Buah Ini Jadi Obat Kolesterol Alami yang Paling Ampuh

Banyak minuman untuk sarapan, yang diiklankan sebagai pilihan sarapan yang cocok. Tetapi sebenarnya kurang sehat, dan juga mengandung lebih banyak gula daripada yang disarankan.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggabungkan buah dan kacang dengan segelas susu skim. Agar tetap terhidrasi dan mendapatkan kalsium esensial, untuk tulang dan gigi Anda.

Selain buah dan kacang, bubur gandum adalah pilihan yang baik, karena rendah gula dan bisa sangat mengenyangkan. Jangan sampai Anda terkena diabetes.

Diabetes adalah kondisi seumur hidup, yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi.

Ada dua tipe utama - tipe 1, ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin. Dan tipe 2, ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tipe 2 lebih umum daripada tipe 1, dengan 90 persen dari semua penderita diabetes di Inggris memiliki tipe 2.

4 Gejala diabetes di antaranya adalah:


Sering buang air kecil


Pergi ke toilet jauh lebih banyak dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda umum diabetes.

Sering kencing juga merupakan tanda masalah medis lainnya, seperti masalah prostat, jadi pastikan untuk mengunjungi dokter umum Anda untuk memastikan diabetes.

Haus


Rasa haus yang berlebihan, atau dikenal sebagai polydipsia, adalah tanda klasik dari diabetes. Ini terkait dengan sering buang air kecil.

Saat kelebihan glukosa menumpuk di dalam darah, ginjal dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula. Dan jika mereka tidak dapat mengimbanginya, kelebihan gula diekskresikan ke dalam urin, membawa serta cairan dari jaringan tubuh.

Ini memicu lebih banyak buang air kecil, yang dapat menyebabkan penderita diabetes dehidrasi.

Penglihatan kabur


Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lensa di dalam mata membengkak, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Kadar gula darah yang sangat rendah juga bisa menyebabkan penglihatan kabur.

Penurunan berat badan


Jika Anda tidak sedang menurunkan berat badan, tetapi melihat hilangnya berat badan dan massa otot, ini bisa menjadi tanda diabetes.

Ini terjadi karena kurangnya insulin mencegah tubuh dari mendapatkan glukosa dari darah ke sel, untuk digunakan sebagai energi.

Tubuh kemudian akan mulai membakar lemak dan otot untuk energi, menyebabkan penurunan berat badan.

Baca Juga: Diet DASH, Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Obat-obatan

Semoga artikel di atas sangat membantu Anda yang sedang was-was dengan gula darah tinggi.
Loading...

0 Response to "Sarapan cepat terbaik untuk menghindari gula darah tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel