Loading...

Buah yang Harus Dihindari Agar Kadar Gula Darah Tidak Naik

Sekitar 90 persen dari semua kasus diabetes tipe 2, disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Ini bisa disebabkan oleh tubuh tidak memproduksi cukup hormon insulin, atau tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tanpa cukup hormon, tubuh berjuang untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi yang bisa digunakan. Anda bisa berisiko mengalami gejala gula darah tinggi, jika Anda sering makan-makanan yang tinggi kadar gulanya.

ilustrasi cek gula darah

Bahkan, buah-buahan yang terlihat sehat saja bisa menyebabkan tingginya kadar gula darah tubuh. Dan parahnya lagi, ada satu buah yang diklaim ahli gizi bisa menyebabkan diabetes. Buah apakah itu?

Dikutip dari exprss.co.uk, mengkonsumsi terlalu banyak ceri bisa meningkatkan kadar gula darah. Dan meningkatkan kemungkinan diabetes, kata ahli gizi Barbie Cervoni.

Ceri kaya karbohidrat, yang terdiri dari gula yang meningkatkan kadar gula darah.


Jika Anda memutuskan untuk makan buah ceri, yang terbaik adalah menghindari makan dalam jumlah banyak sekaligus.

"Jika Anda menderita diabetes, kemungkinan seseorang mengatakan bahwa Anda tidak diperbolehkan makan buah. Ini tidak benar," tulis Cervoni di situs web medis Very Well Health.

"Buah-buahan tertentu dapat menyebabkan gula darah tinggi lebih cepat daripada yang lain. Buah-buahan ini masuk dalam daftar indeks glikemik yang tinggi. Salah satunya ceri," tambahnya.

Mirip dengan anggur, satu buah ceri mengandung satu gram karbohidrat. Jika Anda makan lebih dari satu mangkuk besar ceri, maka gula darah akan naik taja. Mungkin yang terbaik adalah menghindarinya sama sekali.

Jika Anda menderita diabetes, Anda juga harus menghindari makan terlalu banyak nanas, tambah Cervoni.

Nanas adalah makanan indeks glikemik tinggi, yang berarti dicerna dengan cepat, dan meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Jika Anda ingin makan nanas, cukup setengah cangkir. Dan hindari membeli nanas kalengan.

Anda dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes dengan makan makanan yang sehat dan seimbang.

Banyak orang mungkin sudah memiliki kondisi ini tanpa menyadarinya. Gejalanya tidak selalu membuat Anda merasa tidak sehat.

Gejala diabetes yang umum termasuk merasa sangat lelah, mengeluarkan lebih banyak urin dari biasanya, dan penglihatan kabur.

Mendiagnosis kondisi dini sangat penting, karena gula darah tinggi meningkatkan risiko beberapa komplikasi mematikan, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga:

11 Manfaat Biji Selasih, Menurunkan Kolesterol Jahat Hingga Gula Darah Normal

Menurunkan Gula Darah Hingga Berat Badan Secara Alami

Bicaralah dengan dokter jika Anda khawatir tentang gejala diabetes, atau jika Anda merasa berisiko.
Loading...

0 Response to "Buah yang Harus Dihindari Agar Kadar Gula Darah Tidak Naik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel