Loading...

Wajib Tahu, Mana Buah untuk Asam Urat yang Terbaik dan Terburuk

Penderita asam urat diwajibkan untuk mengonsumsi buah untuk asam urat, agar pola hidup tetap sehat. Buah mengandung vitamin, mineral, dan bahan kimia tanaman yang kuat, yang membantu melawan gejala dan kondisi yang berkaitan dengan asam urat.

Namun, tidak semua buah dibuat sama. Beberapa bagus untuk mencegah gejala sementara yang lain benar-benar dapat memicu kambuhnya asam urat. Saat Anda menderita kerap menderita asam urat, harus tahu cara memilih buah terbaik.

ilustrasi asam urat di kaki

Pada artikel kali ini, kita akan melihat lebih dekat buah-buahan terbaik untuk penderita asam urat. Bagaimana mereka membantu dengan meredakan asam urat. Dan mana buah-buahan terbaik dan terburuk untuk asam urat.

Serat dalam Buah

Buah terkenal karena kandungan seratnya. Cukup makan sepotong buah, membantu melancarkan pencernaan. Serat tidak hanya baik untuk feses, tetapi juga rendah kalori. Dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Ini membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Jenis serat yang tepat bahkan dapat memperlambat penyerapan gula. Jadi, lain kali Anda merasa lapar atau menginginkan sesuatu yang manis, ambil saja sepotong buah.

Ingatlah bahwa, Anda tidak dapat meningkatkan asupan serat dengan cepat. Jika Anda terbiasa melakukan diet rendah serat, Anda harus secara bertahap melakukannya. Jika tidak, dapat menyebabkan kembung, dan kram perut. Pastikan juga minum cukup air, untuk membantu tubuh menyerap serat dengan lebih baik.

Fitonutrien dalam Buah

Selain serat, buah juga kaya akan fitonutrien. Mengkonsumsi senyawa ini secara teratur telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah mengembangkan penyakit kronis dan kanker. Buah-buahan tertentu seperti blueberry dan blackberry memiliki ribuan fitonutrien berbeda, yang melawan berbagai ancaman di tubuh.

Mari kita bersyukur bahwa buah tidak hanya enak, tetapi juga sekutu yang kuat dalam memerangi penyakit umum yang menyerang manusia saat ini. Sekarang setelah Anda tahu manfaat utama buah, saatnya untuk melihat jenis buah terbaik yang membantu mengatasi asam urat.

Buah untuk Asam Urat Terbaik


Ceri

Ceri adalah buah terbaik untuk dimakan. Ini membantu mengurangi asam urat dan membatasi peradangan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Dan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Mereka paling baik dikonsumsi dalam bentuk mentah. Pastikan jangan banyak mengonsumsi ceri kalengan, ceri kering, dan jus ceri, karena kandungan gulanya tinggi.

Beri

Kabar baik! Anda dapat memasukkan semua jenis beri dalam diet Anda, baik itu stroberi, blueberry, blackberry, raspberry, acai berry, atau goji berry. Buah beri rendah purin, beberapa memiliki rasa manis sementara ada yang asam. Seperti buah ceri, buah beri kaya akan vitamin C dan memiliki flavonoid yang melawan peradangan dalam tubuh.

Jeruk

Semua buah jeruk adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Yang hebat dari buah jeruk populer seperti lemon, jeruk, dan grapefruit memiliki kandungan fruktosa yang rendah. Menjadikannya makanan sempurna untuk dikonsumsi tanpa khawatir. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa, vitamin C efektif dalam mengurangi asam urat karena bersifat alkali dalam darah.

Pisang

Pisang memiliki kandungan purin yang tinggi, tetapi manfaatnya mungkin lebih besar daripada kerugiannya. Pisang kaya akan kalium yang membantu menormalkan tekanan darah dan mengontrol kadar asam urat. Ini juga mencegah kristalisasi asam urat dengan mengubahnya menjadi bentuk cair, sehingga mudah disaring oleh ginjal.

Apel

Pepatah mengatakan: "sebutir apel sehari menjauhkan dokter". Ini juga berlaku untuk penderita asam urat. Ini adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Lezat dan memiliki nutrisi yang sangat kuat yang membantu melawan penyakit radang. Makan apel dengan kulitnya, karena sama bermanfaatnya dengan daging di dalamnya. Pastikan untuk mencucinya dengan baking soda dicampur dengan air, untuk menghilangkan pestisida yang melapisi.

Pepaya

Pepaya dikenal untuk membantu orang yang menderita radang sendi terutama rheumatoid arthritis. Enzim proteolitik papain yang ditemukan dalam pepaya adalah anti-inflamasi alami. Membantu tubuh mempertahankan alkalinitasnya, mencegah penumpukan asam urat.

Nanas

Dalam komunitas asam urat, nanas terkenal karena kandungan bromelainnya. Tetapi jangan lupa bahwa itu juga tinggi vitamin C dan rendah fruktosa. Menjadikannya sebagai makanan manis yang ideal untuk penderita asam urat. Kandungan bromelain terbesar ditemukan di batangnya, cukup makan sebagian kecil saja jika Anda tidak menyukainya.

Alpukat

Alpukat sering dikira sebagai sayuran, karena tidak manis seperti buah lainnya. Apa yang membuatnya menjadi bintang sejati adalah kandungan lemaknya yang tinggi. Ini adalah salah satu makanan paling berlemak di planet ini. Tetapi ini adalah jenis lemak yang baik.

Ini memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan peradangan. Ini juga tinggi kalium yang membantu dengan ekskresi asam urat dalam tubuh.

Melon

Melon memiliki beragam vitamin dan mineral yang berguna untuk mengatasi gejala asam urat. Buah ini memiliki kalium dan vitamin C, dan meskipun sifat antioksidannya tidak sekuat stroberi atau ceri. Melon termasuk buah rendah purin dan memiliki kandungan air tinggi, yang membantu menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

Anggur

Semua jenis anggur bisa bermanfaat untuk asam urat. Anggur mengandung bioflavonoid, kalium, dan vitamin C yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Dan melawan semua bentuk rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. Namun, anggur kaya akan purin dan gula. Jadi makan secukupnya, tidak lebih dari segenggam tangan Anda.

Buah Terburuk untuk Asam Urat


Tentang Buah Tinggi Fruktosa

Ada korelasi antara buah fruktosa tinggi dan kejadian gejala asam urat. Setelah dimetabolisme oleh tubuh, fruktosa berubah menjadi purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk melacak kandungan fruktosa dalam buah yang Anda makan. Terlalu banyak buah manis mungkin akan menjadi penyebab serangan asam urat Anda nantinya.

Berikut adalah daftar buah-buahan yang dilarang penderita asam urat:

  • Aprikot
  • Persik
  • Kesemek
  • Buah ara kering
  • Buah kiwi
  • Mangga


Buah-buahan ini belum tentu buruk. Anda masih bisa memakannya, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil.

Kesimpulannya

Yang paling penting adalah, Anda hanya boleh mengonsumsi buah dalam bentuk paling alami. Hindari buah yang diproses seperti jus atau buah kering. Buah-buahan organik utuh memberikan manfaat terbaik dengan risiko paling kecil.

Jika Anda tidak membeli buah dalam bentuk utuh, pastikan untuk selalu memeriksa label. Baik itu buah kering, kalengan, beku, atau dijus, Anda ingin melihat apakah sudah banyak diproses atau ditambahkan dengan bahan-bahan yang tidak Anda inginkan.

Baca Juga:
Ingin Memulai Diet Asam Urat? Kenali Makanan yang Harus Dihindari
Mengapa Saat Ini Banyak Anak Muda Terkena Penyakit Asam Urat?


Semoga bermanfaat...
Loading...

0 Response to "Wajib Tahu, Mana Buah untuk Asam Urat yang Terbaik dan Terburuk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel