Jenis Jeruk yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

Jeruk dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Rasanya pun beragam, ada yang sangat manis hingga sangat asam. Bahkan meskipun asam, buah beberapa jenis jeruk memiliki sifat basa yang baik bagi tubuh.

Buah yang satu ini kaya akan vitamin dan juga sumber antioksidan, yang bisa melindungi tubuh dari beragam penyakit. Dan salah satunya bahkan bisa membantu menjaga hingga menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

jeruk lemon

Namun tidak semua buah jeruk mampu melakukannya, karena ada juga jenis jeruk yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Lalu jenis buah jeruk mana yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kadar Gula Darah Tinggi Penyebab Diabetes

Diabetes tipe 2 dapat memicu gejala-gejala seperti rasa haus yang berlebihan, merasa lelah dan perlu sering buang air kecil. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang melibatkan saraf, mata, ginjal dan kaki, dan dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Salah satu cara terbaik untuk terhindar dari penyakit ini adalah mengelola kadar gula darah. Dan dengan makan makanan sehat, kita bisa melakukannya. Ini harus terdiri dari berbagai buah dan sayuran dan beberapa makanan bertepung seperti pasta.

Gula, lemak, dan garam juga harus dijaga agar tetap minimum.

Satu buah khususnya yang telah terbukti memiliki efek menurunkan gula darah adalah jeruk. Penelitian telah menunjukkan buah jeruk, seperti jeruk bali dan lemon, memiliki efek anti diabetes.

Penelitian telah menunjukkan, dua antioksidan bioflavonoid, yang disebut hesperidin dan naringin, bertanggung jawab atas efek ini.

Buah-buahan ini juga merupakan sumber serat yang baik, yang telah terbukti menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa, diet tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 20 hingga 30 persen.

Makanan Lain Penurun Kadar Gula Darah

Penelitian mencatat, efek ini terutama berasal dari biji-bijian utuh atau serat sereal yang tidak larut.

Studi lain, bagaimanapun, telah menunjukkan kombinasi serat tidak larut dan larut dalam makanan dapat bermanfaat.

Serat larut menyerap air, mengubahnya menjadi zat seperti gel, sedangkan serat tidak larut tidak. Di samping buah, sumber serat baik lainnya termasuk:


  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Biji-bijian utuh
  • Legum
  • Serat dianggap sebagai bagian penting dari makanan, terutama bagi penderita diabetes.


Karbohidrat dengan serat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, dibandingkan dengan makanan rendah serat. Dan ini akan mengurangi kemungkinan lonjakan gula darah.

Serat juga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, membuat kita lebih kecil kemungkinannya untuk makan berlebihan.

Baca Juga: Trik Kupas Jeruk dengan Benar dan Cepat

Pedoman menyebutkan, jika asupan serat yang baik sekitar 30 gram sehari. Selain makan makanan yang sehat, melakukan latihan tertentu dapat membantu menurunkan gula darah.

0 Response to "Jenis Jeruk yang Terbukti Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel