Loading...

Makanan Manis Sehat yang Tidak Meningkatkan Kadar Gula Darah

Apakah Anda merasa lebih sulit untuk melepaskan karbohidrat dan mengubah makanan? Apakah selalu memakan satu biskuit atau cokelat persegi setiap hari? Bahkan itu tidak cukup hanya satu potong, tetapi ingin terus makan dan makan lagi.

Seperti yang kita tahu, jika makanan manis bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Termasuk di antaranya diabetes, akibat tingginya kadar gula darah. Gula sendiri adalah zat yang sangat adiktif, karena ketika dicerna akan menghasilkan bahan kimia yang 'terasa enak' di otak.

makanan manis sehat tanpa khawatir gula darah naik

Dan jika Anda benar-benar mendambakan makanan-makanan manis atau bertepung, dan ingin menguranginya, maka harus membaca artikel ini. Karena kita akan membahas makanan manis yang justru bisa menurunkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian ilmiah terkemuka telah mengidentifikasi bahwa bagi sebagian orang, makan makanan dengan GI tinggi (mereka yang memiliki indeks glikemik tinggi, ukuran seberapa cepat mereka menyebabkan gula dilepaskan ke dalam aliran darah) dapat memicu perubahan dalam kimiawi otak dan perilaku yang mirip dengan kecanduan lainnya.

BAGAIMANA SAYA DAPAT MENGATAKAN JIKA SAYA KECANDUAN?


Berikut ini, yang diadaptasi dari Skala Kecanduan Makanan oleh Yale, adalah alat yang dikembangkan oleh Rudd Center untuk Kebijakan dan Obesitas Pangan di Universitas Yale pada 2009 untuk mengidentifikasi mereka yang menunjukkan gejala kecanduan dengan konsumsi makanan. Pertimbangkan tujuh pernyataan berikut, untuk melihat berapa banyak anda kecanduan dengan makanan manis atau karbohidrat tinggi:

1. Saya memiliki keinginan kuat untuk makan.

2. Saya selalu ingin makan makanan yang tidak tersedia. Gejala-gejala ini berkurang saat mengkonsumsi makanan itu.

3. Saya makan makanan dalam jumlah yang lebih besar, atau lebih lama dari yang saya inginkan.

4. Saya ingin mengurangi makanan atau berhenti sama sekali, tetapi merasa tidak mampu.

5. Saya menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan atau merencanakan cara mendapatkan makanan.

6. Saya makan makanan secara konsisten, meskipun mengakui bahwa itu membawa masalah pada fisik atau psikologis saya.

7. Saya perlu makan makanan dalam jumlah yang terus meningkat, untuk mendapatkan kepuasan yang diinginkan dari makanan itu.

Jika dua atau lebih dari pernyataan ini berlaku untuk Anda, maka Anda mungkin memiliki kecanduan makanan atau karbohidrat.

Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?


Rencanakan sebelumnya, dan pilih satu hari untuk mengonsumsi makanan yang Anda sukai. Pastikan untuk minum banyak air dan makan sedikit garam.

Jika perasaan ingin makan datang, cobalah mengambil yogurt penuh lemak dengan rasa raspberry sebagai gantinya. Atau segenggam almond atau beberapa kotak cokelat hitam 90 persen, yang mengandung sedikit gula.

Ketidakseimbangan hormon seperti leptin dan serotonin juga dapat menyebabkan ingin terus makan. Mungkin juga bahwa mengidam dapat dipicu oleh endorfin yang dilepaskan, setelah seseorang makan.

Namun, mengidam juga dapat dipicu oleh masalah emosional, terutama jika orang itu makan untuk kenyamanan atau ketika tertekan.

Terakhir, jika Anda ingin makan makanan manis namun sehat bisa mencoba resep yang satu ini:

Kue kenari berbumbu


Kue ini hanya membutuhkan waktu sekitar 12 menit untuk dimasak.

Bahan-bahan:
2 kurma medjool, dicincang
1 wortel sedang atau parsnip
2 buah apel
100 gram kenari, dicacah
4 butir telur sedang
100 gram kacang almond
2 sdt baking powder
1 sdm ekstrak vanila
1 sdm kayu manis tanah
seperempat sdt pala halus
Sedikit cengkeh

Panaskan oven sampai tanda 180 celcius. Siapkan loyang yang sudah diberi mentega.

Dengan menggunakan garpu, tumbuk kurma dalam mangkuk. Tambahkan dua sendok makan air yang sangat panas untuk membentuk pasta. Saring dan masukkan ke dalam mangkuk besar.

Buang kulit yang tersisa dari kurma. Parut wortel (atau parsnip) dan apel ke dalam mangkuk. Tambahkan sisa bahan dan aduk hingga rata dengan sendok besar.

Sendok ke dalam loyang yang sudah disiapkan dan panggang selama 25 menit.

Baca Juga:
Satu Makanan yang Mampu Menurunkan Gula Darah dengan Cepat Usai MakanMenambahkan Bumbu Ini ke Dalam Makanan Dapat Menurunkan Gula Darah


Angkat dari oven dan biarkan kue menjadi dingin selama 20 menit, sebelum mengeluarkannya dari loyang. Sajikan langsung atau tambahkan sedikit krim keju.
Loading...

0 Response to "Makanan Manis Sehat yang Tidak Meningkatkan Kadar Gula Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel