Loading...

Apa yang Harus Dimakan Agar Gula Darah dan Kolesterol Normal?

Gula darah dan kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan beragam macam penyakit berbahaya. Apalagi jika keduanya muncul sekaligus, tentunya membuat tubuh bekerja lebih keras, untuk mengeluarkan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Namun, perlakuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah bisa bertentangan. Misalnya, buah bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol, tetapi tidak pada pasien dengan gula darah tinggi. Demikan juga sebaliknya saat mengonsumsi daging.

ilustrasi cek kadar gula darah dan kolesterol

Lalu apa yang harus Anda konsumsi untuk menurunkan kadar gula darah sekaligus membuat kolesterol jahat turun? Berikut ulasan lengkap yang harus Anda ketahui.

Artikel ini berisi pertanyaan dan jawaban, yang kami kutip dari situs healthline.com, berikut ulasannya:

Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol


Pertanyaan:
Tes darah saya menunjukkan prediabetes dan skor kolesterol 208 mg / dl (5,4 mmol / l). Saya merasa sulit untuk mengetahui apa yang harus dimakan untuk kondisi ini tampaknya bertentangan. Misalnya, buah dikatakan bagus untuk menurunkan kolesterol. Tetapi tidak pada untuk diet rendah gula darah, sedangkan daging sebaliknya. Bagaimana saya bisa menyeimbangkan ini?

Jawaban:
Banyak orang yang memiliki gula darah tinggi juga memiliki kadar kolesterol tinggi. Namun, keduanya bisa dikelola dengan makanan sehat. Terlebih lagi, bagi sebagian orang, mungkin untuk membalikkan prediabetes melalui perubahan pola makan dan gaya hidup sehat.

Sangat umum untuk melihat informasi yang salah tentang makanan apa yang buruk untuk kondisi tertentu, termasuk kolesterol tinggi, pradiabetes, dan diabetes. Namun demikian, kualitas keseluruhan dari makanan Anda adalah yang paling penting.

Tiga makronutrien penting yang tidak boleh ditinggalkan, karbohidrat, protein, dan lemak, karena memiliki dampak berbeda pada kadar gula darah dan kolesterol.

Misalnya, sumber karbohidrat seperti roti, pasta, dan buah memengaruhi gula darah lebih tinggi dari sumber protein atau lemak. Di sisi lain, sumber lemak yang mengandung kolesterol, seperti susu dan daging, memiliki efek lebih besar pada kolesterol daripada gula darah.

Bagaimanapun, menurunkan kadar gula darah dan kolesterol melalui makanan tidak sulit. Dan banyak makanan membantu menurunkan masing-masing penanda ini. Misalnya, mengonsumsi lebih banyak makanan padat serat, kaya serat - seperti sayuran dan kacang-kacangan - mengurangi kadar gula darah dan kolesterol.

Selain itu, meningkatkan asupan protein dan mengurangi konsumsi karbohidrat olahan, termasuk roti putih dan gula manis, juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk), dan meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Berikut adalah beberapa tips untuk secara efektif mengurangi kadar gula dan kolesterol darah tinggi:

Makan lemak sehat

Untuk mengurangi kadar kolesterol, banyak orang menghindari sumber lemak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa makan lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan berlemak, dan minyak zaitun dapat membantu mengurangi LDL (jahat) kolesterol, meningkatkan HDL (baik) kolesterol, dan mengontrol gula darah.

Kurangi asupan gula

Gula yang ditambahkan - seperti yang ditemukan dalam permen, es krim, makanan yang dipanggang, dan minuman manis - secara negatif mempengaruhi kolesterol dan gula darah. Menghentikan konsumsi gula tambahan dari makanan Anda adalah salah satu cara terbaik.

Konsumsi lebih banyak sayuran

Meningkatkan asupan sayuran segar dan matang, secara signifikan menurunkan gula darah dan kolesterol. Coba tambahkan sayuran seperti bayam, artichoke, paprika, brokoli, dan kembang kol ke dalam makanan dan camilan Anda.

Makanlah makanan bergizi lengkap

Mengandalkan makanan kemasan atau restoran cepat saji, dapat merusak kesehatan Anda. Berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Persiapkan lebih banyak makanan di rumah, menggunakan makanan kaya nutrisi yang mendukung kesehatan metabolisme.

Berolahraga

Cara sehat lain untuk mengurangi gula darah dan kadar kolesterol termasuk meningkatkan aktivitas fisik, salah satunya olahraga.

Pertanyaan ini dijawab oleh Jillian Kubala

Jillian Kubala adalah Ahli Diet Terdaftar yang berbasis di Westhampton, NY. Jillian memegang gelar master dalam bidang nutrisi dari Fakultas Kedokteran Universitas Stony Brook, serta gelar sarjana di bidang ilmu gizi.

Baca Juga:
Tidak Ada Penyakit Asam Urat tapi Merasakan Sensasi Terbakar di Tangan?
6 Manfaat Mengejutkan Biji Seledri, Salah Satunya Menurunkan Kadar Gula Darah


Selain menulis untuk Healthline Nutrition, ia menjalankan praktik pribadi yang berbasis di ujung timur Long Island, NY, di mana ia membantu kliennya mencapai kesehatan optimal melalui perubahan nutrisi dan gaya hidup.
Loading...

0 Response to "Apa yang Harus Dimakan Agar Gula Darah dan Kolesterol Normal?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel