Loading...

Manfaat Biji Chia, Menurunkan Gula Darah Hingga Berat Badan Secara Alami

Biji chia adalah salah satu makanan tersehat dan penuh manfaat di planet ini. Chia seed ini sarat dengan nutrisi yang dapat memiliki manfaat penting bagi tubuh dan otak Anda. Bahkan setidaknya ada 11 manfaat yang dikandung di dalamnya.

Chia seed adalah makanan penting bagi suku Aztec dan Maya pada masa itu. Mereka menghargai biji ini karena kemampuannya untuk menyediakan energi berkelanjutan. Sebenarnya, "chia" adalah kata Maya kuno untuk "kekuatan."

biji chia
Foto: Pixabay.com/ivabalk
Terlepas dari sejarah kuno mereka sebagai makanan pokok, biji chia baru-baru ini dikenal sebagai makanan super modern. Berikut adalah 11 manfaat kesehatan dari biji chia, yang didukung oleh ilmu pengetahuan.

1. Menghasilkan Nutrisi dalam Jumlah Besar dengan Kalori Sedikit

Biji chia adalah biji hitam kecil dari tanaman Salvia hispanica. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitasnya meedak, dan sekarang dikonsumsi oleh orang-orang yang sadar kesehatan di seluruh dunia.

Jangan tertipu oleh ukurannya - biji-biji kecil ini merupakan nutrisi yang kuat. Satu porsi atau setara 28 gram biji chia mengandung:


  • Serat: 11 gram.
  • Protein: 4 gram.
  • Lemak: 9 gram (5 di antaranya adalah omega-3).
  • Kalsium: 18% dari RDI (Kebutuhan Harian).
  • Mangan: 30% dari RDI.
  • Magnesium: 30% dari RDI.
  • Fosfor: 27% dari RDI.
  • Juga mengandung sejumlah seng, vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1 (tiamin) dan vitamin B2.


Ini sangat mengesankan, karena hanya 28 gram atau sekitar dua sendok makan kandungan gizinya lengkap. Jumlah kecil ini hanya memasok 137 kalori dan satu gram karbohidrat yang dapat dicerna.

Ini menjadikannya salah satu sumber terbaik dunia dari beberapa nutrisi penting, kalori untuk kalori.

2. Biji Chia Kaya Akan Antioksidan

Biji chia mengandung antioksidannya yang tinggi. Antioksidan ini melindungi lemak sensitif dalam biji agar tidak tengik.

Meskipun manfaat suplemen antioksidan masih diperdebatkan, para peneliti sepakat bahwa mendapatkan antioksidan dari makanan dapat memiliki efek kesehatan yang positif.

Yang paling penting, antioksidan melawan produksi radikal bebas, yang dapat merusak molekul sel dan berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit seperti kanker.

3. Hampir Semua Karbohidrat yang Terkandung di Dalamnya adalah Serat

Satu porsi biji chia memiliki 12 gram karbohidrat. Namun, 11 gram itu adalah serat , yang tidak dicerna oleh tubuh.

Serat tidak meningkatkan gula darah atau membutuhkan insulin untuk dibuang. Meskipun termasuk dalam keluarga karbohidrat, efek kesehatannya sangat berbeda dari karbohidrat yang dicerna seperti pati dan gula.

Kandungan karbohidrat yang dapat dicerna hanya satu gram per 28 gram biji chia, yang sangat rendah. Ini membuat chia makanan ramah rendah karbohidrat.

Baca Juga: 8 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Karena kandungan serat larutnya yang tinggi, biji chia dapat menyerap hingga 10-12 kali beratnya dalam air, menjadi seperti gel dan mengembang di perut.

4. Biji Chia Protein Berkualitas Tinggi

Biji chia mengandung protein dalam jumlah yang layak. Beratnya, mereka sekitar 14% protein, yang sangat tinggi dibandingkan dengan kebanyakan tanaman.

Mereka juga memiliki keseimbangan asam amino esensial yang baik , sehingga tubuh Anda harus dapat memanfaatkan kandungan proteinnya.

Baca Juga: Diet Kaya Protein Sama Bahayanya Seperti Merokok

Protein memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan sejauh ini merupakan nutrisi makanan yang ramah penurunan berat badan.

5. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Banyak ahli kesehatan percaya bahwa biji chia dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat larutnya menyerap sejumlah besar air dan mengembang di perut, membuat perut kenyang lebih lama.

Beberapa penelitian telah meneliti glukomanan serat larut, yang bekerja dengan cara yang sama, menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Juga, protein dalam biji chia dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

Baca Juga: 13 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Pergi ke Gym

Bahkan, satu studi menemukan bahwa makan biji chia untuk sarapan meningkatkan rasa kenyang. Dan mengurangi asupan makanan dalam jangka pendek.

6. Biji Chia Tinggi Asam Lemak Omega-3

Seperti biji rami , biji chia sangat tinggi asam lemak omega-3. Faktanya, biji chia mengandung lebih banyak omega-3 daripada salmon.

Namun, penting untuk diingat bahwa omega-3 di dalamnya sebagian besar adalah ALA (asam alfa-linolenat), yang tidak menguntungkan seperti yang Anda kira.

ALA perlu diubah menjadi bentuk aktif asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) sebelum tubuh Anda dapat menggunakannya.

Sayangnya, manusia tidak efisien dalam mengubah ALA menjadi bentuk aktif ini.

Oleh karena itu, omega-3 tanaman cenderung jauh lebih rendah daripada sumber hewani seperti minyak ikan.

7. Biji Chia Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Karena biji chia mengandung serat, protein, dan omega-3 yang tinggi, biji chia dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Manfaatnya telah diperiksa dalam beberapa studi, tetapi hasilnya tidak meyakinkan.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa biji chia dapat menurunkan faktor risiko tertentu, termasuk trigliserida, peradangan, resistensi insulin dan lemak perut. Mereka juga dapat meningkatkan kolesterol "HDL" yang baik.

Baca Juga: 13 Gejala Penyakit Jantung yang Harus Anda Waspadai

Namun, satu penelitian pada manusia tidak mendeteksi adanya perbaikan dalam faktor risiko.

8. Penting untuk Kesehatan Tulang

Biji chia mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang. Ini termasuk kalsium, fosfor, magnesium dan protein.

Kandungan kalsium sangat mengesankan - 18% dari RDI dalam 28 gram. Namun, biji chia juga mengandung asam fitat, yang mengurangi penyerapan kalsium sampai batas tertentu.

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi adalah gejala khas dari diabetes tipe 2 yang tidak dapat diobati.

Kadar gula darah puasa tinggi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa, biji chia dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Baca Juga: Pengganti Rasa Manis yang Aman Agar Gula Darah dan Kolesterol Turun

Beberapa penelitian pada manusia mendukung hal ini, dengan menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung biji chia menurunkan kenaikan gula darah pasca makan, dibandingkan dengan roti yang tidak termasuk chia

10. Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan adalah respons normal tubuh Anda terhadap infeksi atau cedera. Kulit merah dan bengkak adalah contoh khas. Meskipun peradangan membantu tubuh Anda menyembuhkan dan melawan bakteri, virus, dan agen infeksi lain, kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan.

Ini terutama berlaku untuk peradangan kronis, yang berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker.

Peradangan kronis seringkali tidak memiliki tanda-tanda yang terlihat, tetapi dapat dinilai dengan mengukur penanda inflamasi dalam darah. Makanan sehat tertentu dapat mengurangi kadar penanda inflamasi dalam darah.

Satu studi 3 bulan pada 20 orang dengan diabetes menunjukkan bahwa makan 37 gram biji chia setiap hari mengurangi penanda inflamasi hs-CRP sebesar 40%. Sebaliknya, mereka yang mendapat dedak gandum tidak mengalami manfaat yang signifikan.

11. Biji Chia Mudah Dimasukkan ke Dalam Makanan

Biji chia sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Bijinya sendiri rasanya agak hambar, jadi Anda bisa menambahkannya ke makanan apa saja.

Mereka juga tidak perlu ditumbuk seperti biji rami, yang membuatnya lebih mudah disiapkan. Mereka bisa dimakan mentah, direndam dalam jus, ditambahkan ke bubur , puding, smoothie atau ditambahkan ke makanan yang dipanggang.

Anda juga bisa menaburkannya di atas sereal, yogurt, sayuran, atau hidangan nasi.

Karena kemampuannya menyerap air dan lemak, mereka dapat digunakan untuk mengentalkan saus dan sebagai pengganti telur dalam resep. Mereka juga bisa dicampur dengan air dan diubah menjadi gel.

Baca Juga: 10 Makanan Nikmat dan Populer Tapi Berbahaya

Menambahkan biji chia ke dalam resep akan secara dramatis meningkatkan nilai gizinya.

Rekomendasi dosis umum adalah 20 gram (sekitar 1,5 sendok makan) biji chia, dua kali sehari.

Garis bawahi

Biji chia tidak hanya kaya akan nutrisi, lemak omega-3, antioksidan dan serat tetapi juga mudah disiapkan. Anda bisa menambahkannya ke bubur atau smoothie.

Studi menunjukkan bahwa mereka memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga pengurangan peradangan.

Jika Anda belum makan biji chia, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkannya ke dalam makanan. Mereka termasuk di antara beberapa superfoods yang pantas mendapatkan gelar tersebut .
Loading...

0 Response to "Manfaat Biji Chia, Menurunkan Gula Darah Hingga Berat Badan Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel