Loading...

Minuman yang Tidak Biasa Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Langkah pertama dalam mengendalikan diabetes tipe 2 dan kadar gula darah adalah, dengan mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi. Kebanyakan orang akan menyadari makanan yang mengandung banyak gula, dan melupakan minuman.

Padahal beberapa minuman yang terlihat sehat, ternyata bisa mengandung banyak gula. Pakar kesehatan menyarankan kepada semua orang, apakah Anda menderita diabetes atau tidak, untuk minum banyak air dan membatasi konsumsi minuman ringan.

Jus lidah buaya
Jus lidah buaya.
Tetapi jika Anda senang dengan minuman beraroma atau memiliki rasa, penelitian menganjurkan untuk minum jus yang tidak biasa ini. Di mana jus ini populer di Asia, dan memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah.

Minuman Ini adalah Jus Lidah Buaya

Menurut Diabetes.co.uk, penelitian pendahuluan tentang lidah buaya dan diabetes menunjukkan, jus lidah buaya dapat membantu menormalkan kadar glukosa darah.

Selain itu, lidah buaya telah dikaitkan dengan penurunan lipid darah pada pasien dengan tingkat tinggi molekul-molekul ini, seperti beberapa orang dengan diabetes tipe 2.

Minuman ini juga dapat menurunkan pembengkakan, dan penyembuhan luka yang lebih cepat.

Ini bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, karena luka kaki dan bisul adalah komplikasi umum dari diabetes. Dan biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, daripada orang yang tidak menderita diabetes.

Baca Juga: Dikira Makan Lidah Buaya, Vlogger Ini Racuni Dirinya Sendiri

"Efek positif ini diduga disebabkan oleh adanya senyawa seperti lektin, mannans, dan antrakuinon," kata Diabetes.co.uk.

Efek Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya adalah cairan pahit yang berasal dari tanaman lidah buaya.

Telah digunakan dalam pengobatan herbal selama ribuan tahun, karena sifatnya yang menenangkan.

Cairan tersebut berasal dari gel bening, yang ditemukan di daun tanaman lidah buaya. Gel ini juga banyak dipakai dalam krim, lotion, sampo dan salep.

Umumnya, lidah buaya digunakan pada kulit yang terbakar sinar matahari, produk pasta gigi dan obat kumur. Namun, kini banyak penjual jus lidah buaya.

Baca Juga: Semua Masalah Penglihatan Tuntas oleh Lidah Buaya

Selain memperbaiki kadar gula darah, jus lidah buaya bagus untuk pencernaan, mengobati sembelit dan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.



Mengenal Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah kondisi serius, karena jika tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah pada jantung, mata, saraf, ginjal, dan kaki.

Selain mengurangi gula, perubahan pola makan sangat penting. Termasuk membatasi asupan makanan tinggi lemak dan kalori.

Ini karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, yang membuat penderita diabetes lebih rentan.

Makanan tinggi lemak dan kalori juga menyebabkan penambahan berat badan, dan kelebihan berat badan meningkatkan risiko komplikasiterkait diabetes.

Dianjurkan untuk mengubah gaya hidup orang dengan diabetes tipe 2, termasuk berolahraga lebih banyak dan minum lebih sedikit alkohol.

Empat Jejala Diabetes

Diabetes adalah kondisi seumur hidup yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi.

Ada dua tipe utama - tipe 1, ketika sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin. Dan tipe 2, ketika tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin.

Tipe 2 lebih umum daripada tipe 1, dengan 90 persen dari semua penderita diabetes di Inggris memiliki tipe 2. Gejalanya adalah:

Sering buang air kecil

Pergi ke toilet jauh lebih banyak dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda umum diabetes.

Sering kencing juga merupakan tanda masalah medis lainnya, seperti masalah prostat, jadi pastikan untuk mengunjungi dokter umum Anda untuk memastikan diabetes.

Haus

Rasa haus yang berlebihan, atau dikenal sebagai polidipsia, adalah tanda klasik diabetes. Ini terkait dengan sering buang air kecil.

Karena kelebihan gula darah yang menumpuk di dalam darah, ginjal dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring dan menyerap kelebihan gula. Dan jika mereka tidak dapat mengimbanginya, kelebihan gula diekskresikan ke dalam urin, membawa cairan dari jaringan tubuh.

Ini memicu lebih banyak buang air kecil, yang dapat menyebabkan penderita diabetes dehidrasi.

Penglihatan kabur

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan lensa di dalam mata membengkak, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Penurunan berat badan

Jika Anda tidak sedang menurunkan berat badan, dan Anda melihat hilangnya massa otot, ini bisa menjadi tanda diabetes.

Ini terjadi karena insulin yang tidak memadai mencegah tubuh mendapatkan glukosa dari darah ke sel, untuk digunakan sebagai energi.

Baca Juga:
Ini Dia Makan Malam Penyebab Gula Darah Naik
Bekerja 37,5 Jam per Minggu Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2


Tubuh kemudian akan mulai membakar lemak dan otot menjadi energi, menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.
Loading...

0 Response to "Minuman yang Tidak Biasa Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel