Minuman Panas yang Terbukti Menurunkan Gula Darah dengan Efektif

Diabetes tipe 2 bisa menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Dan salah satu cara untuk mengendalikan dan mencegah kondisi ini adalah, dengan makan makanan seimbang yang sehat.

ilustrasi cek kadar gula darah

Makanan dan minuman tertentu saja diketahui memiliki sifat menurunkan gula darah. Bahkan termasuk minuman yang selalu dihidangkan panas ini, yang juga populer di masyarakat memiliki efek yang sama.

Ya, kadar gula darah tubuh memang bisa naik dan juga turun, sehingga membuat kita harus mengontrolnya dengan efektif. Salah satunya adalah dengan rajin meminum minuman yang satu ini. Apa itu?

Apa Itu Diabetes Tipe 2?

Diabetes tipe 2 dapat memicu gejala seperti keinginan untuk buang air kecil lebih dari biasanya, merasa haus sepanjang waktu, merasa sangat lelah, dan pandangan kabur.

Jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang dengan mata, saraf, ginjal, kaki dan jantung.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kondisi dan menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali? Meskipun makan makanan yang tinggi gula, lemak, dan garam dapat meningkatkan risiko kondisi ini berkembang, makanan lain dapat membantu menurunkan gula darah tinggi.

Makan berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran dan beberapa makanan bertepung seperti pasta, direkomendasikan oleh NHS - Badan Kesehatan Inggris. Seperti halnya menjaga gula, lemak, dan garam seminimal mungkin.

Tetapi makanan dan minuman tertentu telah terbukti memiliki kualitas menurunkan gula darah.

Kopi Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012 menemukan bahwa, minum kopi dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

kopi turunkan kadar gula darah

Para peneliti menemukan, tingkat risiko turun bahkan lebih rendah, untuk orang yang minum dua hingga tiga cangkir per hari.

Bahkan minum empat cangkir kopi setiap hari terbukti menjaga kadar gula darah tetap normal.

Hasil penelitian menunjukkan terbukti efektif, untuk kopi berkafein dan tanpa kafein.

Tetapi para ahli menyarankan untuk memastikan jika kopi tetap diminum tanpa pemanis, baik yang rendah kalori atau tidak.

Menambahkan susu, krim atau gula ke dalam minuman dapat meningkatkan jumlah kalori, dan dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Namun perlu dicatat melebihi empat cangkir kopi sehari dapat meningkatkan tekanan darah.

Jika Anda penggemar kopi, teh, atau minuman kaya kafein lainnya, seperti cola dan beberapa minuman energi, pertimbangkan untuk mengurangi.

Tidak apa-apa untuk minum teh dan kopi sebagai bagian dari makanan seimbang. Tetapi penting bahwa minuman ini bukan sumber cairan utama Anda atau satu-satunya.

Makanan Lain Penurun Kadar Gula Darah

Salah satu makanan yang terbukti efektif menurunkan gula darah adalah kacang hitam.

Mengandung karbohidrat kompleks, penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh mencerna kacang hitam lebih lambat daripada karbohidrat lainnya. Dan membantu mengelola kadar gula darah.

Makan kacang hitam juga dapat membantu menurunkan berat badan, dan membantu mengatur kolesterol, yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Baca Juga:
Empat Makanan yang Terbukti Ampuh Menurunkan Gula Darah
Selain Menurunkan Gula Darah, Sari Cuka Apel Jadi Obat Asam Urat

Tetapi bukan hanya kacang hitam yang dapat memberikan manfaat ini. Kacang lainnya juga memiliki manfaat yang sama, seperti kacang merah, kacang pinto, dan kacang azuki.

Jika Anda menggunakan kacang kaleng, Anda harus mempertimbangkan opsi tanpa garam tambahan.

0 Response to "Minuman Panas yang Terbukti Menurunkan Gula Darah dengan Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel