Loading...

Tidak Ada Penyakit Asam Urat tapi Merasakan Sensasi Terbakar di Tangan?

Saat sendi di kaki, tangan dan bagian-bagian lainnya di tubuh kita akan berpikir itu akibat asam urat. Apalagi jika terlihat membengkak, kemerahan dan juga merasakan sensasi terbakar yang menyakitkan.

Gejala-gejala tersebut memang berkaitan dengan asam urat, tetapi tidak selamanya nyeri dan sensasi terbakar di tangan merupakan penyakit asam urat. Karena ada beberapa penyakit yang gejalanya mungkin agak sama.

Apalagi jika sewaktu mengecek darah, Anda tidak menemukan kadar asam urat yang tinggi di tubuh. Lalu penyakit apakah ini selain asam urat? Berikut ulasan lengkapnya.

sensasi terbakar di tangan bukan asam urat

Dikutip dari express.co.uk, Anda mungkin terkena fibromyalgia.

Apa Itu Fibromyalgia?

Ini adalah kondisi jangka panjang yang diyakini mempengaruhi sistem saraf, menurut badan kesehatan Inggris. Penyebab pasti dari fibromyalgia tidak diketahui, tetapi bisa jadi karena perubahan cara sistem saraf memproses pesan rasa sakit di sekitar tubuh.

Siapa saja dapat mengalami kondisi ini, tetapi wanita yang paling mungkin mengalaminya. Anda bisa berisiko mengalami gejala fibromyalgia, jika Anda merasakan sensasi terbakar di tangan.

Nyeri yang membakar atau menusuk di tangan, bisa menjadi tanda peringatan dini fibromyalgia.

Ini mungkin terasa seperti jarum yang menusuk sangat parah, suatu kondisi yang dikenal sebagai paraethesia.

Baca Juga: Cara Cepat Atasi Asam Urat dengan Kulit Lemon


Anda harus berbicara dengan dokter, jika merasakan nyeri yang membakar di tangan Anda.

"Fibromyalgia memiliki banyak gejala yang cenderung bervariasi dari orang ke orang. Gejala utamanya adalah rasa sakit yang menyebar luas," menurut NHS.

Ini mungkin terasa di seluruh tubuh Anda, tetapi bisa jadi lebih buruk di area tertentu, seperti punggung atau leher Anda.

Fibromyalgia dapat membuat Anda sangat sensitif terhadap rasa sakit di seluruh tubuh. Dan Anda mungkin menemukan bahwa, sentuhan sekecil apa pun pun terasa menyakitkan.

Gejala Umum Fibromyalgia

Gejala-gejala lain yang kadang-kadang dialami oleh orang-orang dengan fibromyalgia termasuk kesemutan, mati rasa, tusukan atau sensasi terbakar di tangan dan kaki.

Jika Anda pikir Anda menderita fibromyalgia, kunjungi dokter umum Anda.

Rasa sakitnya cenderung terus menerus, meskipun mungkin menjadi lebih baik dan lebih buruk pada waktu-waktu tertentu.

Ini mungkin terasa mirip dengan rasa sakit yang tumpul, menyakitkan, sensasi terbakar, atau bahkan rasa sakit yang tajam dan menusuk.

Baca Juga: Sembuhkan Saraf Punggung Terjepit dalam 10 Menit


Gejala fibromyalgia lain yang lebih umum termasuk sensitivitas ekstrim, kekakuan, kelelahan, dan kualitas tidur yang buruk.

Penyebab Fibromyalgia

Penyebab pasti dari fibromyalgia tidak sepenuhnya diketahui, tetapi itu bisa disebabkan oleh pesan nyeri yang abnormal dalam sistem saraf.

Tidak selalu mudah untuk mendiagnosis fibromyalgia karena tidak ada tes khusus untuk kondisinya.

Baca Juga: Obat Rematik Tradisional yang Ampuh dan Ada di Rumah Kita


Meskipun tidak ada obat untuk kondisi ini, beberapa perawatan dapat membantu meringankan beberapa rasa sakit fibromyalgia.
Loading...

0 Response to "Tidak Ada Penyakit Asam Urat tapi Merasakan Sensasi Terbakar di Tangan?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel