Loading...

Hati-hati, Suplemen Vitamin D Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

Keberadaan micronutrient seperti vitamin sangat penting bagi tubuh. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah kecil, ketersediaan vitamin di tubuh jangan disepelekan. Dan salah satu untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin adalah dengan makan makanan sehat.

Namun kadang sebagian dari kita membutuhkan tambahan vitamin selain dari makanan, salah satunya adalah dari suplemen. Tapi ada juga vitamin yang bisa dinikmati dari lingkungan kita, salah satunya vitamin D yang didapat dari sinar matahari pagi.

ilustrasi suplemen vitamin D

Tetapi ada juga yang memenuhi kebutuhan vitamin D dari suplemen yang banyak dijual di apotik. Jangan salah, ternyata suplemen yang seharusnya sehat ini bisa menyebabkan gagal ginjal. Inilah yang dirasakan oleh seorang pria.

Vitamin D Penyebab Gagal Ginjal

Dikutip dari Daily Mail, ternyara ia mengonsumsi 12 kali jumlah vitamin D yang disarankan setiap hari.

Pria berusia 54 tahun yang tidak disebutkan namanya itu, berasal Kanada. Di mana ia telah mengonsumsi suplemen tersebut selama dua setengah tahun, setelah dinasihati oleh seorang naturopath.

Tetapi kesehatannya semakin memburuk, ketika ia berlibur selama dua minggu. Dan menghabiskan delapan jam sehari untuk berjemur. Padahal, paparan sinar matahari membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D secara alami.

Tes medis menunjukkan, kadar kreatinin darah pria ini naik. Ini merupakan tanda bahwa ginjal sedang berjuang untuk bekerja keras.

Baca Juga: Bagaimana Mengenal Tanda-tanda Gagal Ginjal


Dokter kemudian menemukan penumpukan vitamin D dan kalsium dalam darahnya, yang merusak fungsi ginjal.

Butuh satu tahun untuk mengembalikan pasien ini untuk kembali sehat. Tetapi ia telah menderita penyakit ginjal kronis, dan mungkin perlu dialisis di kemudian hari.

Pasien, yang tidak memiliki riwayat kehilangan tulang atau kekurangan vitamin D ini, mengambil total 8,000-12,000IU sehari.

Jumlah Kebutuhan Harian Vitamin D

Jumlah yang disarankan untuk orang-orang di Kanada adalah maksimum 1.000IU. Atau empat kali lebih rendah daripada pedoman untuk orang-orang di Inggris.

Dokter, yang dipimpin oleh Bourne Auguste, nephrologist di Rumah Sakit Umum Toronto, mengatakan mereka khawatir orang lain akan melakukan kesalahan yang sama.

Auguste mengatakan kepada Global News: "Dia pikir vitamin tidak berbahaya. Dan logikanya, yang bisa dipahami orang ketika menoleh ke belakang, adalah semakin banyak vitamin D yang saya ambil, semakin kuat tulangnya."

Untuk alasan yang tidak diketahui, pasien ini telah mengikuti saran naturopathic. Seorang spesialis yang menyarankan metode alternatif seperti homeopati, untuk mencoba dan mengobati penyakit.

Baca Juga: Vitamin D Tingkatkan Massa Otot Bayi


Spesialis tersebut menyarankan pria itu mengambil delapan tetes suplemen vitamin D setiap hari, yang mengandung 500IU per tetes, menurut laporan dalam Canadian Medical Association Journal.

Tapi, tanpa sadar, pria itu membeli produk vitamin D lain yang mengandung 1.000IU per tetes.

Fungsi Ginjal di Dalam Tubuh

Ginjal memiliki fungsi penting dalam membuat vitamin D bermanfaat bagi tubuh. Ginjal mengubah sumbernya menjadi bentuk aktif vitamin D, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu menyerap kalsium dan fosfor.

Tidak ada risiko bagi tubuh, saat membuat terlalu banyak vitamin D dari paparan sinar matahari atau makanan sehat.

Baca Juga: 10 Superfood untuk Membuat Ginjal Lebih Sehat


Tidak ada pedoman khusus, berapa banyak waktu yang dibutuhkan di bawah sinar matahari untuk membuat vitamin D yang cukup. Namun setiap hari, pastikan diri Anda terpapar sinar matahari agar tubuh bisa memproduksi vitamin D.
Loading...

0 Response to "Hati-hati, Suplemen Vitamin D Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel