Terapi Zucchini untuk Mengobati Asam Urat yang Kerap Kambuh

Zucchini adalah salah satu sayuran yang kaya manfaat dan bergizi tinggi. Sayuran yang berasal dari Italia ini memang tidak banyak ditemukan di Indonesia, karena tidak banyak ibu-ibu yang mengolahnya di dapur.

Tapi jangan salah, sayuran ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan salah satunya adalah untuk mengobati asam urat yang kerap kambuh. Selain itu, zucchini juga membantu mengurangi berat badan dan meningkatkan asupan nutrisi makanan sehari-hari.

Sayur Zucchini


Zucchini kaya akan serat, protein, karbohidrat dan vitamin C. Mari kita baca, bagaimana cara kita mengobati asam urat dengan sayuran yang mirip mentimun ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Kandungan Zat Gizi Zucchini

Zucchini juga mengandung vitamin A, folat, dan kalium dalam jumlah tinggi. Konsumsi zucchini secara teratur membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Bentuk zucchini mirip dengan mentimun dan memiliki banyak biji. Hampir setiap bagian dari zucchini sehat termasuk biji, daging, dan kulit luar.

Baca Juga:
Perawatan Terbaru Menurunkan Kadar Asam Urat Agar Tidak Kambuh
Mengapa Saat Ini Banyak Anak Muda Terkena Penyakit Asam Urat?

Hampir 95 persen zucchini terdiri dari air dan juga mengandung antioksidan, yang melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi.

Berikut adalah manfaat kesehatan zucchini:



  1. Penurunan Berat Badan: Mengandung kalori kecil dengan serat yang tinggi, sehingga membantu mengurangi nafsu makan. Dan membuat kita kenyang lebih lama.
  2. Menjaga Kesehatan Optimal: Seperti yang disebutkan sebelumnya, zucchini adalah gudang beberapa nutrisi karena mengandung vitamin C, mangan, protein, seng dan asam lemak omega-3.
  3. Mempromosikan Kesehatan Pria: Penelitian telah menunjukkan bahwa zucchini membantu dalam mengobati penyakit pria yang dikenal sebagai hipertrofi prostat jinak atau BPH, yang menyebabkan gangguan fungsi kemih.
  4. Mencegah Penyakit: Sayuran ini membantu dalam mencegah kanker dalam sel-sel usus besar, dan juga menangkal penyakit seperti rheumatoid arthritis, asma dan osteoarthritis.
  5. Kesehatan Kardiovaskular: Zucchini mengandung jumlah magnesium yang tinggi. Dan karenanya mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.
  6. Menurunkan Tekanan Darah: Ini membantu dalam mengontrol tekanan darah dan juga menangkal pengaruh buruk garam dalam tubuh. Zucchini kaya akan vitamin C, dan juga melindungi tubuh dari arteri yang tersumbat dan menurunkan tekanan darah.
  7. Mengobati asam urat: Asam urat adalah suatu kondisi peradangan sendi yang terjadi akibat kadar asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Dan zucchini adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 dan cartenoids anti-inflamasi, yang akan mengusir efek asam urat yang berlebihan.
  8. Membantu Formasi Kolagen: Zucchini membantu produksi kolin, yang merupakan asam amino yang membantu pembentukan kolagen. Ini memberikan kulit yang sehat dan membantu menyembuhkan luka.


Cara Mengolah Zucchini

tumis sayur zucchini

Tumis Zukini

Bahan-bahan:


  • 1 butir bawang putih ukuran sedang, kupas
  • 2 sendok teh minyak zaitun
  • 1/4 sendok teh bubuk cabe
  • 4 buah zukini ukuran sedang, iris setebal 1,5 cm
  • Garam
  • Lada hitam bubuk segar
  • 2 sendok makan keju parmesan parut (tidak wajib)


Cara membuat Tumis Zucchini


  • Cincang halus bawang putih. Gunakan talenan dan pisau.
  • Panaskan minyak zaitun dalam wajan berukuran sedang. Masak di atas api sedang.
  • Tambahkan bawang putih dan taburan cabe merah kering. Masak selama 30 detik, aduk sesekali. Angkat bawang putih (tidak wajib).
  • Masukkan potongan-potongan zukini ke wajan. Aduk zukini dengan sendok kayu sampai setiap potongnya berlumur minyak.
  • Masak hingga seluruh permukaan zukini kecokelatan, kemudian balik dan masak selama beberapa menit.
  • Angkat wajan dari kompor dan bumbui dengan garam dan merica.
  • Pindahkan ke piring dan sajikan segera. Taburi dengan keju parmesan jika Anda suka.

Baca Juga: Selain Menurunkan Gula Darah, Sari Cuka Apel Jadi Obat Asam Urat

Selamat mencoba...

0 Response to "Terapi Zucchini untuk Mengobati Asam Urat yang Kerap Kambuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel