12 Makanan Ringan yang Tidak Membuat Kadar Gula Darah Naik

Memiliki diabetes tipe 2 berarti Anda harus berhati-hati tentang apa yang Anda makan. Anda harus melakukan yang terbaik untuk mengendalikan kadar gula darah. Dan ini bisa membuat penderitanya kesulitan menentukan makanan.

buah alpukat

Apalagi jika Anda lapar di jam-jam tertentu, dan mungkin Anda ingin mengambil makanan atau cemilan yang tidak membuat kadar gula darah naik. Nah untuk itu sangat penting, untuk mengetahui makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi.

Bahkan camilan-camilan ini tidak rumit atau membosankan. Dan berikut adalah 12 makanan ringan yang bisa menjadi pilihan sehat ketika Anda menderita diabetes tipe 2, dan tidak menaikkan kadar gula darah. Apa saja?.

Camilan Sehat Tidak Menaikkan Kadar Gula Darah

Dikutip dari healthline.com, berikut di antaranya:

1. Segenggam kacang

Kacang adalah sumber protein, lemak sehat, dan vitamin. Selain itu, kacang juga sangat mudah untuk diambil ketika Anda sedang terburu-buru. Kacang macadamia, kacang tanah, kacang kenari, dan kacang almond adalah pilihan yang bagus.

Meskipun kacang rendah karbohidrat, mereka juga tinggi kalori, jadi Anda harus memperhatikan porsinya. Satu porsi kacang kira-kira 28 gram. Ini berarti kira-kira 24 almond, 12 kacang macadamia, atau 35 kacang tanah.

Studi menunjukkan bahwa, makan setidaknya lima porsi kacang per minggu secara signifikan terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Jadi, jangan ragu untuk menjadikan ini camilan harian Anda.

2. Sayuran

Wortel, paprika, mentimun, dan seledri bagus untuk dikonsumsi dan dimakan bersama hummus. Sayuran berwarna-warni ini juga penuh dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Hummus terbuat dari buncis, membuatnya tinggi protein dan serat. Buncis memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti hummus tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah.

3. Selai kacang dan seledri

Seledri sebenarnya tidak mengandung kalori, tetapi banyak serat dan antioksidan. Celupkan seledri ke dalam satu atau dua sendok makan selai kacang untuk protein tambahan, agar membantu Anda kenyang dan mengontrol gula darah.

4. Yoghurt Yunani rendah lemak biasa dengan beri

Yoghurt Yunani kaya protein dan sumber kalsium yang bagus. Pastikan Anda memilih yogurt tawar dan tanpa pemanis. Hindari yogurt yang beraroma atau manis, karena kemungkinan mengandung banyak gula dan karbohidrat.

Tambahkan yogurt dengan raspberry, blackberry, atau blueberry untuk menambah rasa manis. Buah beri ini kaya akan antioksidan dan serat, tetapi secara mengejutkan rendah gula.

5. Popcorn

Popcorn ber-air adalah pilihan makanan ringan yang bagus untuk penderita diabetes tipe 2. Jumlah serat dalam popcorn akan membuat Anda kenyang.

Ingatlah bahwa sebagian besar kalori dalam popcorn berasal dari karbohidrat, jadi pastikan untuk memperhatikan ukuran porsinya. Cukup konsumsi sekitar 3 cangkir popcorn, yang mengandung sekitar 19 gram karbohidrat dan 165 kalori.

Anda dapat membeli popcorn pre-popped, tetapi pastikan untuk memeriksa fakta nutrisi. Hindari lemak terhidrogenasi dan gula tambahan. Jauhi popcorn gaya bioskop, karena mengandung banyak lemak dan garam yang tidak sehat.

6. Keju tali

Anda dapat membeli keju tali rendah lemak pra-paket saat Anda benar-benar terburu-buru. Keju ini kaya protein dan mengandung sedikit karbohidrat. Keju bisa mengandung banyak sodium, jadi pastikan untuk membaca labelnya.

Sodium dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan masalah jantung. Cobalah untuk memilih opsi rendah sodium bila memungkinkan. Makan kurang dari 2.300 miligram sodium per hari.

7. Telur rebus

Merebus telur hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit dan Anda dapat menyiapkannya terlebih dahulu untuk minggu yang sibuk. Telur adalah sumber protein yang luar biasa, dan hanya mengandung setengah gram karbohidrat.

8. Irisan apel dan mentega almond

Camilan ini super cepat dan mudah dibuat. Potong apel dan celupkan irisannya ke dalam satu sendok makan mentega almond yang dibeli di toko untuk makanan sehat, dan isi yang kaya serat dan protein.

Jika Anda khawatir tentang cara mengontrol ukuran porsi Anda, Anda dapat membeli paket mentega almond untuk memudahkan mengukur ukuran porsi saat bepergian.

9. Zaitun

Zaitun mengandung banyak lemak sehat, bersama dengan zat besi, kalsium, serat, dan vitamin A. Zaitun juga berlimpah dalam fitonutrien, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Makan 5 hingga 10 buah zaitun cukup untuk memuaskan keinginan makan Anda. Satu porsi setara delapan buah zaitun Kalamata, hanya memiliki sekitar 2 gram karbohidrat dan 90 kalori.

10. Buah beku

Jika Anda ingin es krim, Anda mungkin bisa memuaskan rasa gatal dengan secangkir buah beku. Mangga, anggur, blueberry, raspberry, dan stroberi rasanya luar biasa, baik segar atau beku.

11. Alpukat

Alpukat rendah karbohidrat dan sarat dengan lemak dan serat sehat. Faktanya, lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda dalam alpukat dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Alpukat juga rendah karbohidrat, yang berarti mereka tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Makan sekitar setengah dari alpukat dengan sepotong roti gandum panggang, untuk camilan yang mengenyangkan dan sehat.

12. Gelatin bebas gula

Gelatin bebas gula tidak benar-benar mengandung sesuatu yang bergizi, tetapi jika Anda ingin sesuatu yang manis, Anda dapat mengambil salah satu dari ininya.

Baca Juga:
Makan Siang yang Dianjurkan untuk Menghindari Gula Darah Tinggi
Minuman yang Tidak Biasa Ini Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Nah sekian cemilan sehat yang baik untuk penderita diabetes, tanpa khawatir menaikkan kadar gula darah Anda.

0 Response to "12 Makanan Ringan yang Tidak Membuat Kadar Gula Darah Naik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel