Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Madu Tidak Jauh Lebih Sehat

Madu khusus seperti Manuka, sirup agave, tebu atau gula merah sering diiklankan sebagai pilihan yang lebih baik, daripada gula putih. Apalagi jika Anda memiliki diaabetes, yang harus selalu mengontrol gula darah.

Ya, kenaikan gula darah sedikit saja bisa sangat berbahaya. Namun banyak yang mengklaim, jika pilihan lebih sehat bisa menggunakan madu sebagai pemanis. Tapi apakah benar demikian, jika madu jauh lebih sehat?

produk mengandung madu

Para penggiat menyerukan kepada publik, jika kita sedang mempertaruhkan kesehatan akibat mengonsumsi madu dan pemanis alternatif lainnya. Dan mereka meyakini, jika madu dan pemanis alternatif lainnya justru sama buruknya dengan gula putih.

Tetapi 'gula alami' ini masih berada di bawah 'gula bebas', di mana orang dewasa seharusnya membatasi konsumsi tidak lebih dari 30 gram sehari.

Produk Makanan dan Minuman Madu Mengandung Gula

Konsumen sering tidak menyadari bahwa, produk-produk seperti madu mengandung gula yang sama tingginya, menurut penggiat Action on Sugar.

Sereal sarapan pagi yang mengandung madu sebagai pemanisnya, masih dapat dimaniskan dengan gula meja hingga 25 kali lebih banyak atau sirup lainnya, menurut analisis.

Namun untuk mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, berbagai kanker, penyakit hati dan kerusakan gigi kita perlu mengurangi gula dari sumber mana pun.

Action on Sugar di Queen Mary University of London menganalisis 223 madu, sirup, dan produk gula dari Aldi, ASDA, Koperasi, Lidl, Marks & Spencer, Morrison, Tesco, Sainsbury's, dan Waitrose.

Mereka menemukan, madu dapat mengandung gula bebas hingga 86 persen, yang ditambahkan ke makanan dan minuman, dan sirup maple mengandung lebih dari 88 persen gula.

Satu porsi setara 15 mililiter sirup maple murni, mengandung 13,1 gram gula.

Bahkan menambahkan satu sendok teh (7 gram) Asda Madu Manuka Extra Special ke dalam teh Anda, mengandung sekitar 6 gram gula.

Beberapa produk yang dijual di supermarket, membanggakan produknya dengan penambahan madu. Tetapi ternyata ini cara produsen menipu pembeli, yang berpikir bahwa mereka membeli makanan sehat.

Action on Sugar menuntut produsen, untuk menuliskan di kemasan tentang kandungan gula di produknya, meskipun mereka mengklaim menggunakan madu.

Baca Juga:
4 Alasan Madu Lebih Berbahaya dari Gula
Membuat "Madu Emas", Antibiotik Alami yang Paling Kuat

"Mengecewakan bahwa perusahaan membual tentang produk yang mengandung madu, mengetahui bahwa madu dan sirup hampir sama tingginya dengan gula pasir," kata pemimpin kampanye Dr Kawther Hashem dikutip dari Daily Mail.

Konsumsi Gula Harian

Orang dewasa seharusnya tidak mengonsumsi lebih dari 30 gram gula setiap hari. Sementara anak-anak berusia tujuh hingga 10 tahun, tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari 24 gram setiap hari.

0 Response to "Produk Makanan dan Minuman yang Mengandung Madu Tidak Jauh Lebih Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel